6 Alat Musik Tradisional dari Sumatera Barat, Berikut Jenis dan Cara Memainkannya

oleh -
Alat musik talempong. [dok fadli]

PADANG, SuaraRantau.com  Sumatera Barat (Sumbar) tidak hanya terkenal dengan keindahan alam dan kulinernya saja. Namun, juga kaya akan budaya salah satunya alat kesenian musik tradisional.

Alat musik tradisional yang dimiliki Sumbar ini memiliki banyak jenis, mulai dari alat mudik yang dimainkan dengan cara dipukul, digesek hingga ditiup.

Meski zaman semakin modern, namun beberapa alat musik Sumatera Barat masih terus dilestarikan sampai sekarang.

Baca Juga: Ini yang Ditemukan Satpol PP Padang Saat Razia Hotel di Jalan Thamrin Padang, No 4 Sangat mengejutkan

Biasanya, instrumen tradisional digunakan masyarakat untuk mengiringi tarian adat, maupun dimainkan secara ansambel dalam pertunjukan seni.

Masing-masing alat musik di Sumbar memiliki ciri khas yang unik, berikut SuaraRantau.com merangkum jenis alat musik tradisional asal Sumbar dan cara memainkannya.

1. Talempong

Talempong merupakan alat musik tradisional khas masyarakat Minangkabau. Alat musik ini berbentuk gong kecil berpencu (bagian atas menonjol), yang terbuat dari campuran logam, perunggu, kuningan, timah dan tembaga.

Talempong termasuk alat musik yang dimainkan dengan cara ditabuh atau dipukul. Adapun cara memainkan talempong dengan meletakkannya ditempat meletakan talempong  dan dimainkan dengan cara dijinjing dengan jari.

Baca Juga: Semen Padang FC Cukur Gasliko 3-0, Tim Pelatih: Pemain Mampu Aplikasikan Taktik dan Strategi

2. Saluang

Saluang merupakan alat musik khas Minangkabau sejenis suling yang terbuat dari bambu Tips atau talang.

Alat musik ini dimainkan dengan cara ditiup. Saluang ini berbeda dengan suling, karena saluang hanya memiliki 4 lubang saja. Sedangkan, suling memiliki tujuh lubang. Panjang saluang sekitar 0-60 cm dengan diameter 3-4 cm.

Saluang kerap ditampilkan pada acara pernikahan, gagak gala dan juga upacara adat lainnya di Minangkabau.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.