Asalkan Mampu Atasi 2 Tantangan Ini, Pasar Rakyat di Sumbar Bisa Jadi Destinasi Belanja Menarik

oleh -
Bimtek Pengelolaan Pasar Rakyat yang digelar oleh Dinas Perindag Sumbar

PADANG, SuaraRantau.Com–Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumatera Barat (Perindag Sumbar) mendukung digelarnya pasar rakyat di 19 kabupaten dan kota di Sumbar untuk menjadi destinasi belanja yang menarik.

“Pasar rakyat saat ini tengah menghadapi berbagai tantangan. Baik tantangan internal maupun eksternal. Dengan mengenali tantangan ini pasar rakyat bisa menjadi destinasi belanja yang menarik,” kata Kepala Dinas Perindag Sumbar, Novrial di Padang, Selasa (23/5).

Ia mengatakan tantangan internal itu seperti kondisi fisik yang kurang kondusif, keterbatasan sarana, dan lembaga pengelolaan yang kurang profesional.

Secara eksternal, tantangannya invasi retail modern, pusat perbelanjaan dan pasar online dengan berbagai marketplace yang tersedia.

Baca Juga: Gubernur Sumbar Klaim Sistem One Way Berhasil Atasi Kemacetan Padang-Bukittinggi saat Libur Lebaran

Novrial mengatakan Dinas Perindag Sumbar menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi pengelola pasar rakyat serta pejabat dinas terkait, agar bisa melakukan pemetaan tentang tantangan yang ada sesuai kondisi daerah.

“Bimtek ini untuk membekali peserta agar dapat memetakan permasalahan yang dihadapi dan menyusun rencana aksi dalam menyiapkan pasar rakyat menjadi destinasi belanja yang menarik,” ujarnya.

Bimtek diadakan dalam dua angkatan pada 22 Mei di aula Dinas Perindag Sumbar dan 23 Mei 2023 di aula Kantor Gubernur Sumbar. Masing-masing dengan peserta 50 orang dari pengelola pasar rakyat dan pejabat dinas terkait.

Beberapa pemateri dari Dinas Perindag, Dinas Lingkungan Hidup dan Ketua Asparindo Sumbar dihadirkan untuk berbagi ilmu dan pengalaman tentang pengelolaan pasar rakyat yang baik.

Novrial menyebut materi yang diberikan secara umum membahas tentang tentang aturan, kasus-kasus, solusi dan rencana aksi untuk membuat pasar rakyat nyaman bagi pengunjung dan pedagang serta mempunyai standar SNI.

Salah satu solusi yang mengemuka dalam bimtek tersebut adalah menonjolkan daya tarik spesifik yang ada di pasar rakyat agar bisa terus diminati dan menjadi salah satu destinasi belanja pilihan bagi masyarakat.(sar)

No More Posts Available.

No more pages to load.