Atasi Abrasi Pantai di Padang, BNPB Serahkan DSP Rp19 Miliar kepada Gubernur Sumbar

oleh -67 views
Penyerahan DSP Rp19 miliar secara simbolis oleh Sekretariat Utama (Sestama) BNPB, Harmensyah bersama jajaran kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, Rabu (21/10) di Gubernuran. Hadir menyaksikan, Anggota DPR RI, Asli Chaidir dan Kalaksa BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman.

PADANG, SR–Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) menyerahkan bantuan dana siap pakai (DSP) kepada Pemprov Sumbar, Rabu (21/10) di Gubernuran.

Dana tersebut akan digunakan untuk penanganan abrasi pantai di tiga titik di Kota Padang. Yakni, penanganan abrasi untuk mengamankan Masjid Al Hakim, Jalan Samudera, pengamanan Tugu Merpati, Muaro Lasak Purus dan pengamanan abrasi di Pasir Jambak.

Penyerahan DSP sebesar Rp19 miliar dilaksanakan secara simbolis yang diserahkan langsung oleh Sekretariat Utama (Sestama) BNPB, Harmensyah kepada Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno mengucapkan terimakasih kepada BNPB yang telah membantu penanganan abrasi pantai di Kota Padang melalui penggunaan DSP. Diakuinya, untuk mengatasi abrasi di pinggir pantai Kota Padang, awalnya dirinya tidak tahu bagaimana caranya lagi. Karena bencana tersebut datang di saat APBD habis untuk penanganan Covid-19.

“Saya waktu itu tidak tahu gimana caranya lagi. Di saat dana habis untuk penanganan Covid-19, sementara penanganan abrasi juga mendesak. Bangunan Mesjid Al Hakim juga bisa lama-lama habis dikikis ombak,” ungkap Irwan Prayitno.

Dengan kondisi tersebut, Irwan Prayitno mengaku dirinya punya ide untuk berangkat ke BNPB. Dirinya berangkat, 11 Agustus 2020 lalu menemui Kepala BNPB Doni Monardo. Ikut dalam kunjungan itu Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah, Sekdaprov Sumbar, Alwis, Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sumbar, Erman Rahman, Kepala Bappeda Sumbar, Hansastri, Kepala Dinas PUPR Sumbar, Fathol Bari dan Kepala PSDA Sumbar, Rifda Suriani.

“Kita berangkat karena ada Pak Kepala BNPB, Doni Monardo dan Pak Sestama yang dititipkan ke BNPB. Jadi langsung nyambung. Terima kasih kepada BNPB yang telah memproses dana ini. Mudah mudahan pengerjaannya bisa cepat karenaa nggaran sudah disiapkan. Ini juga tidak terlepas dari dukungan dari DPR RI juga, Bapak Asli Chaidir,” ungkap Irwan Prayitno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *