Australia: Integrasi Papua-Indonesia Harga Mati!

oleh -
elegasi DPD RI saat pertemuan bilateral dengan Pimpinan Senat Australia terdiri dari, Sekjend DPD RI, Reydonnyzar Moenek, Dubes RI untuk Meksiko, Cheppy T Wartono, Ketua DPD RI, AA La Nyalla Mahmud Mattalitti, Wakil Ketua III DPD RI, Sultan Bachtiar Najamudin, dan Wakil Ketua BKSP, Richard Hamongan Pasaribu. Foto: Setjend DPD RI

MEKSIKO, SR–Presiden Senat Australia Scott Ryan menyatakan bahwa integrasi wilayah Papua sebagai satu provinsi ke dalam kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati yang tak perlu dibahas apalagi dipermasalahkan.

Hal tersebut ditegaskan Scott Ryan menjawab pertanyaan Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) AA La Nyalla Mahmud Mattalitti dalam pertemuan bilateral antara Pimpinan Parlemen Australia dengan Delegasi DPD RI, di sela-sela Sidang Pimpinan Parlemen Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki dan Australia (MIKTA), di Kota Meksiko, Jumat (8/11).

Dalam pertemuan tersebut, La Nyalla mempertanyakan provokasi oknum-oknum tertentu anti-Indonesia yang terus berkampanye dari Australia untuk merongrong Kedaulatan Republik Indonesia khususnya terhadap wilayah Papua.

Kelompok atau okum-oknum anti-Indonesia ungkap La Nyalla, dulu berkampanye dari Australia sampai Timor Timur sebagai provinsi ke 27, akhirnya lepas dari Indonesia. “Sekarang mereka berkampanye lagi dari Australia, termasuk tentang kerusuhan yang terjadi di Papua belum lama ini,” tegas La Nyalla.

Karena itu, Senator Indonesia asal Provinsi Jawa Timur itu ingin mendengar langsung dari Pimpinan Senat Negara Australia tentang sikap dan pemahaman Australia terhadap Papua dan oknum-oknum yang memprovokasi dari Negara Kangguru itu.

Menjawab pertanyaan tegas itu, pimpinan Senat Australia kembali menegaskan bahwa sepak terjang segelintir orang di Australia tak dapat menggambarkan sikap resmi Pemerintah dan Rakyat Australia.

Baca Juga: Leonardy: Pemerintah harus Hadir Menyelesaikan Masalah BPJS Kesehatan

Baca Juga: Kunjungi Meksiko, DPD RI Temukan Peluang Bisnis Ikan

Sikap Presiden Senat Australia terhadap Papua tersebut tercatat untuk kedua kalinya disampaikan kepada DPD RI. Sebelumnya, pada Desember 2016 Presiden Senat Australia dijabat oleh Stephen Parry juga telah menegaskan bahwa Pemerintah Australia tidak akan berubah sikap tentang Papua, sebab Papua adalah bagian integral dari NKRI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.