Bersaing di Pasar Global, Mindset dan Culture Set Pelaku UMKM Sumbar Harus Berubah

oleh -
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat jadi pembicara pada Webinar Ekonomi Kreatif Indonesia dan UMKM yang Siap Ekspor sebagai Penggerak Ekonomi, Khusus Provinsi Sumbar, Jumat (12/2).

PADANG,SR–Pengembangan usaha produk UMKM di Provinsi Sumbar hanya dapat terwujud dengan memberikan sentuhan dari pemerintah daerah dan stakeholder. Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, sentuhan yang dimaksud, berupa bantuan modal usaha dan pelatihan untuk dapat meningkatkan kualitas prouk UMKM.

“Pelaku UMKM perlu sentuhan untuk mengembangan produknya. Bank Nagari melalui KUR diperkencang memberikan modal dan peluang bagi UMKM untuk naik kelas,” ungkap Irwan Prayitno saat jadi pembicara pada Webinar Ekonomi Kreatif Indonesia dan UMKM yang Siap Ekspor sebagai Penggerak Ekonomi, Khusus Provinsi Sumbar, Jumat (12/2).

Melalui webinar yang dilaksanakan oleh HR Academy itu, Irwan Prayitno mengungkapkan, kendala pelaku UMKM dalam mendapatkan akses modal, karena saat ini bank-bank masih tetap mensyaratkan adanya jaminan, bagi pelaku UMKM yang ingin mendapatkan pinjaman modal.

“Dengan adanya syarat jaminan dari bank ini, maka berdampak akhirnya UMKM tidak bisa mengembangkan usahanya. Padahal usaha UMKM tersebut cukup layak. Buktinya, tiap hari pelaku UMKM ini jualan menjalankan usahanya dan mampu menafkahi keluarganya,” ungkap Irwan Prayitno.

Baca Juga: Lewat Aksi Kejar-kejaran, Polantas Polresta Padang Ungkap Penyelundupan Ganja Paket Besar

Dengan usaha yang layak tapi kurang modal, sementara bank masih meminta syarat jaminan jika memberikan pinjaman modal. Akhirnya, pelaku UMKM meminjam modal kepada rentenir. “Untuk meminjam rentenir saja, bahkan pelaku UMKM masih tetap bisa bertahan usahanya,” ungkap Irwan Prayitno.

Pemprov Sumbar melalui APBD Provinsi Sumbar, sudah menitip dana untuk Bank Nagari. Dana tersebut untuk pinjaman modal kepada pelaku UMKM melalui KUR. Apa yang telah dilakukan Pemprov sumbar melalui Bank Nagari ini perlu dibackup. Karena Bank Nagari selama ini salah satu bank penyalur KUR paling banyak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.