Bicara Literasi, Ini yang Mesti Dilakukan Generasi Muda Menurut Gubernur Sumbar

oleh -
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, saat menghadiri Acara Gebyar Literasi Agam 2021 dan Gebyar Literasi 3 SMP Negeri Ampek Angkek, Agam, Senin (22/11).

PADANG, SR–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah menyebut literasi adalah kunci untuk memperkirakan perubahan yang akan terjadi pada masa depan. Dengan adanya literasi, segala yang dibutuhkan bisa dipersiapkan sejak awal.

“Literasi adalah kemampuan untuk mengumpulkan sumber bacaan serta kemampuan membaca yang tersirat dari yang tersurat. Sehingga bisa menelurkan konsep dan ide guna menyambut perubahan masa depan,” kata Mahyeldi Ansharullah, saat menghadiri Acara Gebyar Literasi Agam 2021 dan Gebyar Literasi 3 SMP Negeri Ampek Angkek, Agam, Senin (22/11).

Ia memprediksi dan memperkirakan masa depan bukan berarti sebuah ramalan. Tetapi hasil dari mengasah, membaca dan mengamati peristiwa yang ada, dengan memperhitungkan fakta dan variabel data yang tersedia.

Baca Juga: Menhub Minta Jembatan Rel Kereta Api Peninggalan Belanda di Sumbar Direvitalisasi

Ia menilai seseorang dikatakan memiliki literasi yang baik jika mampu menghadirkan ide dan teori serta konsep. Sehingga lebih siap menyambut perubahan pada masa depan. “Karena itu orang hebat rata-rata memiliki pustaka dan rajin membaca sebagai salah satu sumber literasi,” ujarnya.

Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi Gebyar Literasi yang digelar sebagai upaya untuk mencetak generasi mumpuni guba kemajuan masa datang.

“Diharapkan generasi muda yang memiliki literasi yang baik akan mampu menciptakan barang dan jasa yang bermutu dan bisa bersaing dalam kompetisi global,” ujarnya.

Kegiatan itu sekaligus diharapkan menjadi bahagian untuk memotivasi dan mendorong semangat pada generasi muda untuk senang membaca.

Ketua Forum Literasi (Forlita) Agam, Safrudin mengatakan pihaknya bekerjasama dengan Dinas Perpusatakaan dan Arsip Kabupaten Agam dan pihak-pihak pendukung kegiatan literasi untuk menghadirkan program literasi guna meningkatkan kualitas generasi muda di Agam.

“Beberapa kegiatan telah kita gelar di antaranya pelatihan menulis dan mendorong gebyar literasi ini,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.