Caketum IKA Unand, Suharman Noerman: Jadi Ketua Harus Punya Visi dan Misi yang Kokoh

oleh -
Calon Ketua Umum IKA Unand, Suharman Noerman

Dia meyakinkan, taskforce yang kuat dan solid, pondasi penentu dalam kesuksesan implementasi program jangka pendek, menengah dan panjang.

Taskforce yang berkarakter multi-disiplin dalam keilmuan, latar belakang dan jejaring kerja multi-level, wilayah akan menentukan kegiatannya dalam mengeksekusi sebuah program strategis.

Dia juga meyakinkan dengan, Taskforce Poros Jakarta – Padang dan kota-kota lain, akan memberikan warna baru dalam menjaring sumber daya alumni (Diaspora Unand). Sehingga dimungkin program sociopereneurship menjadi mudah untuk dilaksanakan dan dikembangkan.

“Di bawah taskforce itu pula, nakhoda juga dapat membentuk unit unit kerja produktif yang lebih kecil, yang gesit berbentuk ad-hoc team atau seperti ‘pokja’ (kelompok kerja) kecil,” sebutnya.

Highlighting beberapa program IKA Unand ke depan menurut Suharman Noerman, skala prioritas pada tiga sektor. Pertama, memilah beberapa program skala prioritas, untuk smester pertama nakhoda dapat memilih 7-9 program (jumlah sesuai kebutuhan mendesak) skala prioritas berbasis 3 sektor (sosial, ekonomi dan lingkungan), sebagai sektor yang sesuai dengan karakter keberlanjutan suatu stakeholders yang dinamis dari waktu ke waktu.

Kedua, intensif kontak dengan key stakeholders; (well engagement). Yakni melakukan kontak intensif dengan pemangku kepentingan kunci. Nakhoda harus selalu menyempatkan diri melakukan kontak akrab (closed contact) dengan para key stakeholders baik internal, eksternal.

Kontak dimaksud menggali potensi kolaborasi dan isu-isu strategis apa yang bisa diserapan untuk dijadikan dalam pengayaan dalam penyusunan program skala prioritas dan sangat mendesak (top urgent issues).

Sementra key stakehoders dapat diartikan seperti; Rektor, Dekan, Guru Besar, Senat, Ika Fakultas, DPD/DPC, pemerintah daerah dan organisasi korporasi dan kemasyarakatan (lokal, nasional dan Internassional) yang memiliki tujuan tujuan yang sama. Bahkan organisasi internasional seperti NGO, UN Agencies, dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.