Danlantamal II Padang Laksma TNI Hargianto Dianugerahi Gelar Adat Datuak Bagindo Malano Nan Hitam

oleh -
Proses pemasangan saluak kepada Danlantamal II Padang, Laksma TNI Hargianto oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Datuak Marajo, saat pemberian gelar kehormatan Datuak Bagindo Malano Nan Hitam Pangulu Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam, Minggu (29/8).

AGAM , SR–Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) II Padang Laksamana Pertama (Laksma) TNI Hargianto SE, MM., M.Si diberikan gelar (Gala) kehormatan atau Kabasaran Datuak Bagindo Malano Nan Hitam Pangulu Suku Pisang Nagari Cingkariang, Kabupaten Agam, Minggu (29/8).

Pengukuhan ini ditandai dengan proses pemasangan saluak kepada Laksma TNI Hargianto oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Datuak Marajo, kemudian pemasangan keris oleh LKAAM Sumbar M. Sayuti Rajo Penghulu, dan penyerahan tongkat oleh Dr. H. Fauzi Bahar, M.Si Datuak Nan Sati.

Acara Batagak Gala Kabasaran itu digelar di Masjid Jami’ Cingkariang. Hadir pada kesempatan itu, Bupati Agam, Andri Warman, Forkopimda Sumbar, tokoh adat Minangkabau dan pejabat daerah lainnya.

Baca Juga: Merekam Perubahan Lanskap Alam dan Budaya Minangkabau Melalui Pameran Ethnofotografi

“Gala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang diberikan kepada Danlantamal II Padang Laksma TNI Hargiantomenjadi bagian untuk memperkuat sendi-sendi adat Minangkabau, khususnya di Nagari Cingkariang ini,” ungkap Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi Ansharullah menilai, Laksma TNI Hargianto patut diangkat jadi Datuak Panghulu bagala Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang.

“Beliau adalah sosok yang tegas dalam penegakan keamanan dan memiliki kepedulian terhadap masyarakat. Untuk itu diapresiasi dengan penganugrahan gelar Datuak Bagindo Malano Nan Hitam dari Ninik Mamak Nagari Cingkariang,” kata Mahyeldi Ansharullah.

Mahyeldi Ansharullah juga menyampaikan, acara sakral ini, sebagai seorang panghulu atau pemimpin kaum, ini sanksinya berat. Jadi ini harus dilaksanakan dalam memimpin kaum dan menuntun anak kemenakan, ke arah yang lebih baik dan menanamkan pemahaman adat maupun agama.

“Atas nama Pemerintah Provinsi Sumbar, kami ucapkan selamat kepada Datuak Bagindo Malano Nan Hitam yang dinobatkan sebagai Penghulu dari Ninik Mamak Suku Pisang,” ucapnya.
“Semoga Datuak nantinya bisa mengayomi masyarakat tidak hanya di Sumbar, tetapi lebih luas masyarakat Indonesia,” imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.