Dinkes Padang Panjang Minta Masyarakat Waspadai Penyakit Muncul Saat Musim Hujan

oleh -
Dinkes lakukan fogging di perumaha warga. [kominfo padang panjang]

PADANGPANJANG, SR – Cuaca yang tak menentu, apalagi memasuki musim hujan. Perlu mewaspadai penyakit yang biasa muncul pada saat musim penghujan tiba.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) melalui Kasi Kesehatan Lingkungan, Keselamatan Kerja dan Olahraga, Novriza Yulida, Kamis (2/9) dikutip dari Kominfo.

Baca Juga: Wali Kota Pariaman Berkunjung ke Kemenparekraf di Jakarta, Ini yang Dibahas

“Ada dua jenis penyakit yang muncul pada musim ini, demam berdarah dengue (DBD) serta diare,” ujarnya.

Oleh karena itu ia mengajak warga tidak membuang sampah pada tempatnya. Terpenting memisahkan sampah kering dan basah.

“Ini sangat penting dalam memilah sampah, sebab kelembaban udara yang tinggi membuat sampah jadi mudah membusuk dan akhirnya jadi sarang kuman karena rentan meningkatnya penyakit seperti flu, batuk, diare dan penyakit kulit,” paparnya.

Selain itu, jangan lupa menertibkan tempat yang berpotensi terjadinya banjir atau menjadi genangan air yang merupakan tempat bersarangnya nyamuk yang menyebabkan penyakit DBD.

“Bila ada masyarakat yang sakit, misalnya diare, segerakanlah periksa ke pelayanan kesehatan terdekat,” sebutnya.

Di samping itu Novriza juga memberikan informasi untuk pelayanan fogging, jika ada kasus DBD, masyarakat bisa menyampaikan kepada bidan kelurahan.

“Selanjutnya bidan kelurahan akan berkoordinasi dengan surveilance dan sanitarian akan turun ke lapangan. Nanti puskesmas akan melaporkan ke Dinkes untuk dilakukan pengasapan (fogging) tersebut. Cepat laporkan apabila nanti ada kasus DBD di tempat kita,” pungkasnya. (bob/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.