Dinkes Pariaman Gelar Lomba dan Sosialisasi PTM Antar Puskesmas

oleh -
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah saat memberikan sambutan sosialisasi pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) antar puskesmas. [ist]

PARIAMAN, SR – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pariaman gelar lomba sekaligus sosialisasi pencegahan dan pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM) antar puskesmas yang ada di Kota Pariaman.

Kegiatan ini merupakakan kampanye PTM tingkat Kota Pariaman untuk tahap pertama yang diikuti kader PTM yang disebut juga Kader Pos Binaan Terpadu (Posbindu) Desa dan Kelurahan.

Baca Juga: Kemenko Marves Sepakat Fasilitasi Pembangunan RDF di TPA Aie Dingin

“Ini merupakan upaya kami dari Dinas Kesehatan untuk meningkatkan kecakapan kader Posbindu agar dapat lebih memahami dan menguasai materi terkait pencegahan serta pengendalian penyakit tidak menular di desa atau kelurahan,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Nazifah, Sabtu (25/9) di halaman kantor dinas kesehatan.

Dijelaskannya, tema sosialisasi yang diambil ini yakni cegah dan kendalikan PTM sebagai komorbit Covid-19 dengan cerdik dan patuh.

“Kita ambil tema itu, karena kami masih melihat masih tingginya tingkat kematian pasien Covid-19 dikarenakan penyakit penyerta yang dideritanya,” jelasnya.

Disebutkannya, saat ini Indonesia menghadapi pergeseran pola penyakit dari Penyakit Menular (PM) menjadi Penyakit Tidak Menular (PTM).

“Kalau dulu PTM diderita bagi para orang tua, tapi sekarang, trennya diderita oleh generasi produktif dibawah umur 25 tahun,” pungkasnya.

Pada Kampanye PTM yang digelar Dinas Kesehatan Kota Pariaman turut mengundang Asisten Ahli Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas (Unand) Padang, Kamal Kasra, sebagai Narasumber. [ari]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.