Dinkes Sumbar Sediakan Mobil Swab Keliling Gratis, Ini Fungsinya

oleh -
Mobil swab keliling Dinkes Sumbar yang berfungsi melakukan tes usap atau swab antigen dan PCR untuk tracking kontak erat positif Covid-19 di kabupaten dan kota di Sumbar

PADANG, SR–Saat ini ada mobil Swab Keliling Dinas Kesehatan (Dinkes) Unit Pelayanan Teknis Daerah (UPTD) Laboratorium Kesehatan Provinsi Sumbar.

“Mobil swab keliling ini berfungsi melakukan tes usap atau swab antigen dan PCR (polymerase chain reaction) untuk tracking kontak erat positif Covid-19 di kabupaten dan kota di Sumbar,” ungkap Kepala Dinkes Provinsi Sumbar Arry Yuswandi, SKM, MKM di sela-sela kesibukan kegiatannya, Jumat (23/7).

Ary Yuswandi mengatakan, mobil operasional swab keliling dalam penanggulangan Covid-19 di Provinsi Sumbar ini dilounching pada tanggal 24 Mei 2021 lalu, di halaman Kantor Gubernur Sumbar oleh Gubernur, Mahyeldi Ansharullah dan unsur Forkopimda Provinsi Sumbar.

Baca Juga: Daerah Terisolir di Pasaman Butuh Pembangunan Akses Jalan

Ary Yuswandi juga menyampaikan, mobil unit ini dapat melakukan swab gratis pemeriksaan PCR mencakup 18 Kabupaten / Kota wilayah Provinsi Sumbar. Selain itu juga untuk melakukan tracking kasus Covid-19.

Kegiatan ini sudah dilakukan di Kota Sawahlunto pada tanggal 7 Juli 2021 lalu, saat kegiatan HUT Bhayangkara bersamaan dengan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19.

“Kegiatan berkoordinasi dengan Dinkes Kota Sawahlunto Bidang Pelayanan Kesehatan. Pada kegiatan yang dilaksanakan di Sawahlunto dilakukan pengambilan sampel sebanyak 23 orang,” katanya.

Ia juga mengatakan pada tanggal 23 Juli 2021 di Kota Solok, mobil unit swab keliling ini juga telah melakukan kegiatan serupa.

Karena mobil swab keliling baru hanya satu unit, maka kegiatan akan dilakukan pada kabupaten /kota lainnya disesuaikan dengan event-event yang ada di Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota.(imk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.