Dosen Unand Beri Pelatihan Teknik Relaksasi Benson untuk Atasi Gangguan Tidur pada Lansia

oleh -
Dosen Unand dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang Teknik Relaksasi Benson untuk mengatasi gangguan tidur pada lansia, di Panti Jompo Wisma Cinta Kasih di Kota Padang, Rabu (1/9) lalu.

PADANG, SR–Dosen Universitas Andalas (Unand) dari Fakultas Keperawatan, memberikan pelatihan tentang Teknik Relaksasi Benson untuk mengatasi gangguan tidur pada lanjut usia (lansia).

Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Jompo Wisma Cinta Kasih di Kota Padang, Rabu (1/9) lalu.
Dosen-dosen tersebut ialah Gusti Sumarsih Agoes, S.Kp, M.Biomed, Ns. Arif Rohman Mansur, M.Kep dan Ns. Windy Freska, M.Kep.

Pelatihan ini merupakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang didukung dan didanai oleh Fakultas Keperawatan Unand, khususnya dalam rangka melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Gusti Sumarsih Agoes, yang akrab dipanggil dengan Bu Cici, selaku Ketua Pengabdian kepada Masyarakat, menyatakan, pelatihan Teknik Relaksasi Benson ini bermanfaat untuk mengatasi gangguan tidur pada lansia.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Gusti Sumarsih dengan mengucapkan salam dan menyapa seluruh lansia dengan akrab, menyanyi bersama dan menari (gerakan tangan). Tidak lupa menyakan keluhan yang dialami para lansia.
“Kenapa kakinya? “sahut Ibu Gusti Sumarsih.

Baca Juga: Sertifikasi Halal di-PHP-kan di Indonesia

Acara pelatihan dimulai dengan pertanyaan kepada para lansia mengenai siapa yang susah tidur? Sebagian lansia menjawab saya. Para lansia terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan ini.

Jumlah lansia di panti jompo tersebut sebanyak 41 orang, tetapi sekitar empat lansia sedang dirawat di rumah sakit karena mengalami infeksi Covid-19.

Metode pelatihan dimulai dengan ceramah, penyuluhan dan diskusi. Metode ini bertujuan memberi pelatihan bagaimana cara melakukan latihan Teknik Relaksasi Benson.

Metode pelatihan dilanjutkan melalui demonstrasi, pelatihan dan partisipasi aktif lansia. Metode demonstrasi diterapkan pada tiga sesi pada masing masing permasalahan. Setelah itu diadakan metode redemontrasi. Di mana, lansia diharapkan sudah mampu melakukan latihan Teknik Relaksasi Benson secara mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.