FPP UNP Gelar Pengabdian Masyarakat, UMKM SPA Dilatih SOP Saat Pandemi Covid-19

oleh -
Jurusan Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP, melaksanakan pelatihan kepada UMKM Weiby dan NM SPA di Kota Bukittinggi menyangkut SOP SPA saat pandemi Covid-19 ini.

PADANG, SR–Walau pandemi Covid-19, tidak menyurutkan Jurusan Tata Rias dan Kecantikan Fakultas Pariwisata dan Perhotelan Universitas Negeri Padang ( FPP UNP) untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat.

Hal ini diungkapkan langsung oleh salah seorang dosen dari Jurusan Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP, dr. Prima M.Biomed.

dr. Prima M.Biomed menjelaskan, Jurusan Tata Rias dan Kecantikan FPP UNP selalu memberikan pelatihan Standar Operasional Kerja (SOP) SPA saat pandemic Covid-19 kepada UMKM SPA.

“Pada 12-14 Agustus 2021 yang lalu, kita telah melaksanakan pelatihan kepada UMKM Weiby dan NM SPA di Kota Bukittinggi. Pelatihan yang kita berikan tersebut menyangkut SOP SPA saat pandemi Covid-19 ini,” ucap dr Prima M.Biomed, Sabtu (16/10).

Baca Juga: Tabrakan KA Minangkabau Ekspres Vs Mobil Brio Terjadi di Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu di Padang

Dipilihnya Kota Bukittinggi, karena perkembangan SPA di kota tersebut sangat meningkat pada beberapa tahun ini. “Perawatan SPA di Bukittinggi tidak saja diminati masyarakat tapi juga oleh wisatawan/pelancong yang datang ke Buktinggi,” ujarnya.

Lebih lanjut, dr. Prima M.Biomed menambahkan, di saat pandemi seperti saat ini, perlu dilakukan pembaharuan pelayanan yang menerapkan standar kerja sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19, serta peningkatan kompetensi karyawan agar dapat memberikan pelayanan terbaik.

“Sejak pandemi, UMKM SPA salah satu yang terimbas. Banyak pengelola SPA mengalami penurunan jumlah pelangan dan omset. Bahkan dalam satu minggu terkadang tidak ada pelanggan yang datang,” ungkapnya.

“Oleh karena itu, SOP dimulai dari, screening klien, pengunaan Alat Pelindung Diri (APD), proses sterilisasi dan desinfektan pada SPA, serta pelaksanan perawatan sesuai protokol kesehatan dan lainnya,” tambahnya.

Selain pelatihan penerapan SOP, UMKM Weiby dan NM SPA juga diberikan keterampilan melakukan perawatan sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang SPA.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.