Fraksi Gerindra DPRD Padang Bakal Gunakan Hak Angket Terkait Penonaktifan Sekda

oleh -
Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Muzni Zein

PADANG, SR–Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang akan menyatakan sikap dan akan mempergunakan haknya, termasuk hak angket terkait pelanggaran yang dilakukan Wali Kota Padang terhadap mutasi dan penonaktifan Sekda Kota Padang baru-baru ini.

Hal ini ditegaskan oleh Sekretaris Fraksi Gerindra DPRD Kota Padang Muzni Zein kepada awak media, Rabu (1/9).
Ia mengatakan, mutasi tersebut dinilai melanggar peraturan perundang-undangan. Yaitu Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

“Mutasi tersebut juga telah melanggar Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil dan PP Nomor 72 Tahun 2019 tentang Perangkat Daerah,” kata Muzni Zein yang didampingi Anggota DPRD Padang, Boby Rustam dan Anggota Fraksi Gerindra Padang lainnya.

Ia menambahkan, perseteruan antara Wali Kota Padang dengan mantan Sekda Kota Padang Amasrul selama ini sudah menganggu pelayanan kepada warga.

“Artinya Fraksi Gerindra sudah lelah melihat permasalahan ini, dan kondisi seperti ini. Dalam waktu dekat kami akan mempergunakan hak kami sebagai Anggota DPRD. Akibat kinerja yang tidak maksimal Wali Kota Padang, berdampak pelayanan kepada warga Kota Padang,” tegasnya.

Baca Juga: Pakar Kesehatan Ingatkan Pembelajaran Tatap Muka di Padang Dilaksanakan Jika PPKM di Level Aman

Muzni Zein menerangkan, terganggunya pelayanan warga seperti saat ini, posisi Sekda Kota Padang sekarang yang masih Plh ( pelaksana harian) dan tidak bisa mengambil dan menentukan kebijakan di pemerintahan. “Kami Fraksi Gerindra merasa terusik dengan sikap Wali Kota Padang,” sebutnya.

Sementara itu, Pengamat Ilmu Politik dari Universitas Andalas (Unand) Dr. Asrinaldi mengatakan, terkait reaksi dan sikap dari Fraksi Gerindra DPRD Padang yang akan mempergunakan hak sebagai fungsi pengawasan, merupakan akibat proses mutasi yang menyalahi aturan dan penonaktifan Sekda Kota Padang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.