Gempa Terjadi saat Lomba MTQ ke-XXVIII Nasional, Begini Suasananya

oleh -110 views
Suasana Media Center MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020 di Mesjid Raya Provinsi Sumbar, sempat heboh, saat terjadi gempa 5,3 SR, Rabu (18/11) sekitar pukul 11.41 WIB.

PADANG, SR–Gempa 5,3 SR, terjadi Rabu (18/11) sekitar pukul 11.41 WIB. Gempa yang berpusat di kedalaman 11 kilometer di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Provinsi Sumbar tersebut saat Qari dari Kafilah Sumbar atas nama Abdullah Fikri menjadi peserta terakhir, pada babak penyisihan di golongan Qiraat Sab’ah Mujawwad Putra di Arena Utama, Masjid Raya Sumbar.

Fikri begitu sapaan Abdullah Fikri seharusnya tampil Minggu (15/11), yakni di hari pertama babak penyisihan. Namun, karena ada masalah kesehatan, akhirnya Fikri dijadwal ulang. Fikri diperkenankan tampil pada hari terakhir babak penyisihan. Dengan nomor urut tetap 506.

Hari terakhir ini, semua peserta harap-harap cemas untuk melihat hasil perlombaan. Karena yang berhak masuk pada babak final hanya tiga besar. Sistemnya, makin tinggi nilai maka akan bertengger di atas, menggeser nilai terendah. Maka nilai tertinggi tiga besar diadu ulang.

Tepat pukul 11.25 suara MC menggema di langit halaman Masjid Raya, tempat MTQ cabang Qiraat Sab’ah Mujawwad dilangsungkan. Terdengar jelas panggilan peserta tuan rumah dengan nomor QS 506, ia harus membacakan Surat Al Anbiyaa Ayat 1.

Adalah Abdullah Fikry, percaya diri masuk ruang mimbar. Dengan mantap sambil memandang ke arah mushaf Al-Quran, taawuz pun dilafalkan. Sejenak hadirin khusyuk menyimak. Untaian ayat suci mengayun indah di angkasa, penonton terbawa suasana. Yang hafal tampak mengikuti bacaan dengan gaya imam nafi. Yang tidak hafal hanya bisa terdiam, sambil merekam suasana untuk dibagikan ke media sosial agar masyarakat umum tahu ada peserta kebanggaan Sumbar tampil.

Di tengah kondisi itu, kecemasan peserta makin menjadi setelah dihoyak gempa. Sejumlah official tampak panik, namun tidak berlarian. Fikri yang sedang tampil, tampak tenang. Dia masih duduk, tidak berdiri meninggalkan ruangan panggung utama. “Tadi Fikri sebenarnya sudah mau berdiri, namun menunggu kondisi tenang. Jika masih ada susulan dia sudah putuskan untuk lari,”sebut pendamping Kafilah Sumbar, Efilman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *