Gubernur Pastikan Persiapan MTQ ke-XXVIII Nasional di Sumbar Berjalan Lancar

oleh -22 views
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memberikan testimoni terkait kegiatan Pertunjukan dalam Karya Film 16 Komunitas yang jadi rangkaian pra pembukaan MTQ ke XXVIII Tingkat Nasional tahun 2020, Jumat (16/10) di Mesjid Raya Sumbar.

PADANG, SR–Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memastikan, seluruh persiapan Provinsi Sumbar sebagai tuan rumah MTQ ke XXVIII Tingkat Nasional tahun 2020, berjalan lancar sesuai rencana.

“Persiapan kita sudah sampai beberapa tahap. Mudah-mudahan pada saatnya nanti, sudah bisa kita laksanakan secara maksimal,” ungkap Irwan Prayitno saat memberikan testimoni kegiatan Pertunjukan dalam Karya Film 16 Komunitas yang jadi rangkaian pra pembukaan MTQ ke XXVIII Tingkat Nasional tahun 2020, Jumat (16/10) di Mesjid Raya Sumbar.

Persiapan yang sudah dilaksanakan menurut Irwan Prayitno, antara lain, persiapan qori-qoriah. Dalam prosesnya sedang finalisasi nama-nama. Sedangkan untuk infrastruktur, untuk 12 venue tempat pelaksanaan MTQ Nasional juga sudah selesai.

“Persiapan untuk pembukaan MTQ pun 90 persen sudah selesai. Tinggal pembangunan jalan ke Stadium Utama yang jadi tempat pembukaan, yang akan dirapikan sampai jelang acara 12 November. Termasuk persiapan mengisi waktu pembukaan dan penutupan. Kita siapkan semuanya,” ujar Irwan Prayitno.

Persiapan lain, juga termasuk sosialisasi dan publikasi kepada publik juga disiapkan. Irwan Prayitno juga memberikan apresiasi kepada Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar yang memberikan ruang bagi seniman, budayawan dan kreator yang ada di lingkup orang Minang di Sumbar, diberikan peluang untuk berkreasi pada MTQ Nasional tahun ini.

“Dengan ruang kreasi yang diberikan, sehingga muncullah beberapa film pertunjukan yang merupakan gabungan kreator anak muda Minang di Sumbar. Sehingga memberikan ciri khas adat Minangkabau yang berfilosofi Adat Basandai Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” ujarnya.

Sementara, sebanyak 16 komunitas seni pertunjukan dan film dilibatkan Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, dalam kegiatan sosialisasi pada pra pembukaan MTQ Nasional ke XXVIII tahun 2020. Pra pembukaan ini, direncanakan mulai dilaksanakan Minggu depan.

Baca Juga: Sosialisasi MTQ Nasional ke-XXVIII Libatkan 16 Komunitas, Seni Pertunjukan Hadir dalam Karya Film

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Sumbar, Dra. Gemala Ranti, M.Si mengatakan, sosialisasi MTQ Nasional tahun ini. dilaksanakan di masa pandemi Covid-19, dengan menghadirkan kreativitas baru, hasil kerja kolaborasi baru. “Di mana, di masa pandemi Covid-19, melahirkan kerja kolaboratif antara pelaku film dengan pelaku seni pertunjukan. Prosesnya dengan konten yang berbeda, disesuaikan dengan kapasitas group atau komunitas yang ada,” ungkap Gemala.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *