Gubernur Sumbar Terima Penghargaan APE Kategori Utama

oleh -
Penghargaan APE Tahun 2020 Kategori Utama diserahkan oleh Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan diterima oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, secara daring di Istana Gubernur, Rabu (13/10).

PADANG, SR–Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2020 Kategori Utama.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan PerlindunganAnak (PPPA) Republik Indonesia (RI) I Gusti Ayu Bintang Darmawati dan diterima oleh Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, secara daring dan dilanjutkan dengan pengambilan foto di Istana Gubernur, Rabu, (13/10).

APE merupakan penghargaan yang diberikan kepada kementerian atau lembaga dan pemerintah daerah (pemda), sebagai bentuk pengakuan atas komitmen dan peran para Pimpinan Kementerian/Lembaga dan Pemda, dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender dan dalam pelaksanaan strategi Pengarusutamaan Gender (PUG).

Menteri PPPA RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, salah satu tujuan pelaksanaan urusan PPPA yaitu, mewujudkan kesetaraan gender, dengan cara menerapkan strategi PUG di tingkat pemerintah pusat dan pemda.

Baca Juga: Wagub Sumbar: Integrasi Data Dukcapil Bakal Diterapkan di Seluruh Instansi

“Berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi terhadap kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota yang dinilai berhasil dalam mendukung terwujudnya kesetaraan gender secara sistematis dan berkelanjutan. Maka perlu diberikan apresiasi dalam bentuk penghargaan APE,” ujar I Gusti Ayu Bintang Darmawati sebagaimana dikutip dari Keputusan Menteri PPPA tersebut.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, penghargaan APE ini merupakan penghargaan kepada pemda yang dinilai telah berkomitmen dalam pencapaian dan perwujudan kesetaraan gender, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, serta memenuhi kebutuhan anak.

Sebelumnya, Pemprov Sumbar juga pernah mendapatkan penghargaan APE Kategori Pratama pada tahun 2013, Kategori Madya (tahun 2014 dan 2016), sedangkan Kategori Utama (tahun 2018 dan 2020).

Mahyeldi juga mengapresiasi Kementerian PPPA yang telah menginisiasi diselenggarakannya APE tahun 2020 sebagai salah satu bentuk nyata penghargaan bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.