Hadapi Pilkada dan Pemilu 2024, Gubernur Sumbar Ingatkan Kesbangpol Harus Lakukan Hal Ini

oleh -
Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah saat Rapat Koordinasi Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar dan Kabupaten/Kota se-Sumbar Tahun 2021 di Kota Pariaman, Rabu (6/9).

PARIAMAN, SR–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Mahyeldi Ansharullah meminta Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) mengambil langkah strategis terhadap isu aktual saat ini. Khususnya dalam upaya mendukung suksesnya pilkada dan pemilu 2024.

“Kesbangpol fungsinya di bidang pembinaan ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan, penyelenggaraan politik dalam negeri dan kehidupan demokrasi. Perlu diambil langkah strategis menyukseskan pilkada dan pemilu 2024,” kata Mahyeldi Ansharullah saat Rapat Koordinasi Badan Kesbangpol Provinsi Sumbar dan Kabupaten/Kota se-Sumbar Tahun 2021 di Kota Pariaman, Rabu (6/9).

Mahyeldi Ansharullah mengatakan pada 2024 pemerintah akan dihadapkan dengan isu aktual pelaksanaan pilkada dan pemilu serentak, yang tahapan pelaksanaannya dimulai tahun 2022. Sukses pemilu dan pilkada serentak, akan diukur elalui tingkat partisipasi pemilih.

Baca Juga: Manfaatkan Layanan Jasa Perbankan Syariah, Pemprov Sumbar Jalin Kerjasama dengan BSI

Pada pilkada serentak tahun 2019 jumlah partisipasi pemilih 78,98%, angka ini lebih tinggi dari target dalam RPJMN 2015-2019 yaitu 77,5%.

Kesuksesan ini diharapkan dapat terulang atau lebih tinggi pada pelaksanaan pilkada dan pemilu serentak tahun 2024. Di mana target tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkada dan pemilu tahun 2024 dalam RPJMN 2020 2024 sebesar 79,5%.

Parameter selanjutnya dalam mengukur sukses pilkada adalah situasi tertib dan tentram. Untuk itu aparatur Kesbangpol di daerah perlu mengawal pelaksanaan pilkada dan pemilu serentak tahun 2024. Mulai dari tahapan pelaksanaan hingga pemungutan suara.

Perlu kiranya untuk dilakukan deteksi dini dan cegah dini adanya potensi gangguan keamanan dan ketertiban yang dapat menggagalkan pelaksanaan pilkada dan pemilu serentak tahun 2024.

Untuk suksesnya pilkada dan pemilu serentak, dibutuhkan dukungan pemerintah dan pemerintah daerah dalam fasilitasi dukungan regulasi dan anggaran pilkada. Peran aktif Kesbangpol dalam setiap tahapan, menjaga stabilitas politik dan keamanan, sosialisasi pelaksanaan pilkada dan penguatan fungsi komunikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.