Hidayat Dorong Pelaku UMKM Berani Ambil Pemodalan Usaha, Tapi Bukan ke Rentenir

oleh -
Anggota DPRD Hidayat saat menyampaikan pemaparan dalam pelatihan pelaku umkm berbasis digital. [joni]

PADANG, SuaraRantau.com- Anggota DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hidayat menyatakan, pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Sumbar untuk berkembang masih terkendala dari segi pemodalan.

Adapun pemodalan untuk usahanya masih ada dari pelaku UMKM yang meminjam dari rentenir yang tentu dengan bunganya mencekik.

“Ingin modal yang instan dan cepat, para pelaku UMKM malah meminjam ke rentenir, tentunya bunga yang mencekik. Maka, untuk itu pelaku UMKM ini butuh modal usaha mesti ramah terhadap bank,” jelasnya, Minggu (28/11) dalam pelatihan bagi pelaku UMKM di Basko Hotel.

Baca Juga: Lomba Solo Song Religi dan Tahfidz Terjemah Tingkat MI se-Kota Padang Meriahkan HAB ke-76 Kemenag

Karena itu, ia meminta pelaku UMKM ini mesti ramah terhadap perbankan, namun pelaku UMKM ini masih ada aja terkendala dalam meminjam pemodalan di bank.

“Kendala yang sering saya didengar tidak ingin meminjam ke bank, pertama tidak mengetahui proses, dan sebagainya,” bebernya.

Hidayat mengungkapkan, jika peminjaman modal di bank sebenarnya proses tidak sesulit yang dipikirkan, namun yang terpenting tidak ada catatan kredit macet. Apalagi, perbankan ini jelas dan bunganya pun rendah dan tentu tidak mrncekik dibandingkan meminjam kepada rentenir.

Baca Juga: Tampung Kendaraan Jelang Lewati Sitinjau Laut, Rest Area Bakal Dibangun di Batas Padang-Solok

“Minjam modal usaha di bank selain aman, mudah dan terpenting peminjam tidak ada catatan kredit macet, tentu dengan bunga yang rendah dibandingkan meminjam secara instan kepada rentenir, tentu bank juga punya program unggulan untuk pelaku usaha yang ingin modal,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur Kredit dan Syariah Bank Nagari, Gusti Candra mengatakan, saat ini bank nagari memberikan kemudahan bagi pelaku usaha untuk peminjaman pemodalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.