Hujan Deras di Beberapa Wilayah di Sumbar Berdampak Bencana di 5 Daerah Ini, 2 Orang Meninggal

oleh -
Kalaksa BPBD Sumbar, Jumaidi didampingi Kabid Kebencanaan dan Logistik BPBD Sumbar, Rumainurmeninjau korban banjir bandang di Batu Busuak, Senin malam (23/1).

PADANG, SuaraRantau.Com–Hujan deras yang mengguyur sebagian daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (23/1) menimbulkan sejumlah bencana alam.

Berdasarkan data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumbar, bencana alam terjadi di Kabupaten Agam, Kepulauan Mentawai, Padang Pariaman, Padang dan Pesisir Selatan.

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar, Jumaidi dalam laporannya mengatakan, di Kabupaten Agam, akibat curah hujan dengan intensitas sedang mengakibatkan banjir di Nagari Sitanang Kecamatan Ampek Nagari pukul 17.10 WIB. Banjir berdampak menggenangi rumah warga setinggi 50-60cm dengan dampak 1 KK (5 jiwa).

Di Kabupaten Kepulauan Mentawai, banjir terjadi di Desa Malancan Kecamatan Siberut Utara dengan ketinggian air 50-100 cm.

Sementara di Kota Padang, terjadi longsor di Panorama 1 Kecamatan Lubuk Kilangan, sekitar 17.00 WIB. Dampak tertimbunnya badan jalan oleh material longsoran mengakibatkan akse jalan Padang-Solok tertutup.

“Alat berat yang berada di Lubuk Selasih sedang menuju lokasi kejadian longsor. Akses jalan sudah kembali normal,” terangnya.

Baca Juga: Kawasan Batu Busuak Padang Dihondoh Banjir Bandang, Sejumlah Warga Terjebak

Di Kabupaten Padang Pariaman, tingginya intensitas hujan dan cuaca yang esktrem, Senin, 22 Januari 2023 dari siang hingga malam, mengakibatkan 13 kecamatan di Padang Pariaman dilanda bencana alam, yakni banjir, longsor, dan angin kencang.

Beberapa sungai meluap, rata-rata tinggi genangan air sekira ±50-300 cm. BMKG bahkan mengeluarkan Peringatan Dini Cuaca di Padang Pariaman.

Kawasan yang terdampak banjir meliputi, Kecamatan Batang Anai: Nagari Sungai Buluah Barat dan Nagari Buayan Lubuak Aluang. Kecamatan Ulakan Tapakis: Nagari Kampuang Galapuang Ulakan, Nagari Sandi Ulakan, Nagari Ulakan, Nagari Seulayat Ulakan, Nagari Seigimba Ulakan, Nagari Mangopoh Palak Gadang Ulakan, dan Nagari Tapakih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.