Ini 8 Manfaat Sayur Lobak Bagi Kesehatan Tubuh

oleh -
Ilustrasi Sayur Lobak. [canva]

PADANG, SuaraRantau.com Lobak atau masih sekeluarga dengan kol dan kubis, memiliki tekstur berwarna terang dengan variasi kulit berwarna hijau, merah, ungu, hitam dan putih.

Jenis sayuran ini mengandung folat, vitamin C, serat, kalsium, magnesium, fosfor, dan kolin. Di dalamnya juga mengandung senyawa isothiocyanate, flavonoid, dan sulforaphane.

Baca Juga: Festival Pamalayu 2022 Digelar Pemkab Dharmasraya, Ini Jadwal dan Rangkaian Kegiatannya

Dikutip dari Halodoc berikut manfaat dari lobak, diantaranya:  

1. Menurunkan Berat Badan 

Kandungan serat dalam lobak membuat kenyang lebih lama. Ini mencegah makan berlebihan dan tentunya efektif membantu proses penurunan berat badan.

2. Menekan Pertumbuhan Sel Kanker  

Senyawa dalam lobak mampu menekan perkembangan sel dari berbagai jenis kanker. Seperti kanker paru-paru, kanker payudara, kanker hati dan kanker usus besar.

Baca Juga: Tengah Asik Kumpul Diwarung Saat Jam Pelajaran, 47 Pelajar SMK 1 Diamankan Satpol PP

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Serat pada lobak dapat juga meningkatkan penyerapan air dalam usus besar. Tentunya ini bisa mencegah susah buang air besar. 

Kemudian sertanya, juga dapat membantu penyembuhan tukak lambung. 

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan dari serat, nitrat, kalium dan antioksidan pada lobak, juga dapat mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah jantung. 

Kandungan dapat melebarkan dan merelaksasi pembuluh darah. Serta juga efektif meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh sehingga risiko sakit jantung dan stroke dapat diminimalisir.

Baca Juga: Catat, Ini Harga Terbaru Pertamax Turbo dan Dex Series di Sumbar

5. Mengontrol Kadar Gula Darah

Senyawa dari lobak ini juga turut membantu mengontrol kadar gula dengan memperbaiki kinerja hormon insulin. Ini cocok dikonsumsi pengidap diabetes karena dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mencegah resistensi insulin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.