Sosok Ridho Fermana Kusuma, Penemu Alat Solusi Internet Lemot Bernama Langkitang Signal

oleh -
Ridho Fermana Kusuma, anak muda Kota Padang Panjang, berhasil menciptakan memamerkan alat penguat sinyal ciptaannya bernama Langkitang Signal.

PADANG, SR–Ridho Fermana Kusuma seorang anak muda warga Kampung Teleng, Kelurahan Kampung Manggis, Kecamatan Padangpanjang Barat penemu alat penangkap dan penguat sinyal untuk daerah yang tidak bersinyal (blankspot) yang diberi nama Langkitang Signal.

Ridho memiliki latar belakang di bidang gelombang elektromagnetik. Ia pernah lima tahun mengabdikan diri sebagai peneliti LIPI 2009-2015, dan bekerja sama dengan industri pertahanan negara PT Pindad (Perindustrian Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat).

Dua temuannya sudah menjadi paten riset yang diakui LIPI. Pertama riset tentang inovasi metoda PEMF dan kedua riset inovasi metoda kawat jamak (multi wires) dalam meningkatkan keleluasaan gerak elektron.

Baca Juga: Inilah Tekhnologi dan Cara Kerja Langkitang Signal, Alat untuk Mengatasi Internet Lemot

Pria lajang berusia 33 tahun ini sudah mengantongi berbagai penghargaan dari lembaga mancanegara seperti Afwerx Engage Space dari US Air Force dan US Space Force, dari ASME untuk Innovate for Impact Siemens Design Challenge, dari Africa50’s Innovation Challenge untuk karya PEMF-nya dan dari Global Infrastructure Hub atas prestasi Top 20 Finalist in the inaugural InfraChallenge.

Dengan prestasi segudang dan pengalaman kerja di tempat bonafid itu, yang jadi pertanyaan, mengapa dirinya mau bersusah payah menciptakan “barang terkesan receh” ini dan keluar dari zona nyaman yang telah dijalaninya? Ternyata alasan Ridho simpel saja, sesimpel karya ciptanya tapi bermanfaat luar biasa.

“Awal mula saya menciptakan repeater pada pertengahan Juli 2020, lantaran melihat betapa susahnya proses belajar mengajar (PBM) di era pandemi Covid-19 yang harus daring (dalam jaringan/online-red),” ungkapnya.

Dibutuhkan koneksi internet yang kuat. Yang terjadi malah sinyal susah, internet lemot, video conference nge-lag, video buffering dan berbagai keluhan lainnya yang membuat PBM tidak efektif sama sekali. “Dari situlah lahir ide pembuatan Langkitang Signal ini. Membantu mengatasi semua masalah itu,” ceritanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.