Jadi Orang Pertama di Sumbar Divaksin Covid-19, Ini Jawaban Gubernur Sumbar

oleh -105 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bagi-bagi masker dan hand sanitizer wujud sosialisasi Perda tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, Senin (14/9) di kawasan Danau Cimpago, Pantai Padang.

PADANG, SR–Dijadwalkan mendapatkan giliran pertama disuntik vaksin Covid-19, Kamis, 14 Januari 2021 nanti, Gubernur Irwan Prayitno mengaku dirinya sudah siap. Kesediaannya menjadi orang yang pertama di Sumbar divaksin Covid-19, agar masyarakat dapat menerima vaksin tersebut aman ketika masuk ke tubuh.

Menurutnya, dengan sudah mendapatkan izin edar dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan Sertifikat Halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), maka dirinya tidak perlul lagi dicemaskan vaksin tersebut. “Insya Allah saya sudah siap,”sebut Irwan Prayitno, Selasa, (12/1).

Sebelumnya, mengikuti arahan dan pemerintah pusat, Irwan Prayitno dijadwalkan menerima suntikan vaksin pertama untuk daerah Sumbar. Pemberian vaksin dilaksanakan usai penyuntikan vaksin kepada Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu, 13 Januari 2021.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumbar, Jasman Rizal mengatakan pelaksanaan pemberian vaksin untuk Gubernur Sumbar dijadwalkan pada tanggal 14 Januari 2021. Sementara penyuntikan tingkat nasional untuk Presiden RI, dilaksanakan sehari sebelumnya 13 Januari 2021.

Baca Juga: Menteri Agama RI: Ikut Vaksinasi Covid-19 Bagian dari Ikhtiar Bersama

Penyuntikan vaksin perdana tersebut masing-masing tingkatan pemerintahan dilakukan untuk masing-masing sembilan orang lainnya. Untuk sembilan orang itu terdiri dari Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), DPRD, Kepala Dinas Kesehatan, tokoh masyarakat/pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI), orang kesehatan atau unsur Ikatan Dokter Indonesia (IDI). “Nanti saat gubernur divaksin, kita akan undang semua media. Akan kita adakan di Aula Kantor Gubernur,”sebutnya.

Dijelaskannya, pemberian vaksin pada tanggal tersebut dilakukan kepada Gubernur dan Wakil Gubernur, Forkompinda, DPRD, Kepala Dinkes Sumbar, IDI, tokoh masyarakat atau MUI. Pemberian vaksin tersebut dilaksanakan agar masyarakat merasa tenang terhadap vaksin.

Dikatakanya, dengan diberikan vaksin kepada Gubernur dan pimpinan di Sumbar karena ingin memotivasi masyarakat dan memberikan rasa aman, bahwa vaksin ini aman. Nantinya usai pemberian vaksin kepada Gubernur akan dilanjutkan kepada tenaga kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *