Kelola Ribuan Perpustakaan, Sumbar Butuh SDM Berkualitas

oleh -
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah membuka kegiatan bertajuk “Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah.”, Rabu (26/6) di salah satu hotel di Padang

PADANG, SuaraRantau.Com–Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengungkapkan berterima kasih kepada Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, yang memilih Sumbar sebagai salah satu lokus kegiatan bertajuk “Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah.”

Kegiatan ini dinilai sangat mendukung upaya Pemprov Sumbar dalam meningkatkan aktivitas literasi di ribuan perpustakaan yang ada di Sumbar.

“Sumbar sangat beruntung jadi satu dari 20 lokasi digelarnya kegiatan ini. Kita di Sumbar memiliki 4.268 perpustakaan di SD/MI sederajat, 856 di SMP/MTs sederajat, 338 di SMA/MA sederajat, dan 216 di SMK. Belum termasuk perpustakaan lain di perkantoran, nagari, dan lain-lain. Kita ingin ribuan perpustakaan itu termanfaatkan secara baik dan maksimal,” kata Mahyeldi saat kegiatan bertajuk Peningkatan Pendamping Literasi Perpustakaan Sekolah/Madrasah, rabu (26/6) di salah satu hotel di Padang.

Mahyeldi juga mengucapkan terima kasih atas dukungan Perpusnas RI selama ini untuk Sumbar. Terutama dalam pembangunan dan pengembangan hingga 320 unit perpustakaan serta Taman Baca Masyarakat (TBM) di Sumbar.

Dukungan itu disebut sangat senyawa dengan upaya Pemprov Sumbar dalam meningkatkan kualitas literasi masyarakat melalui perpustakaan.

Baca Juga: Digelar 29 Juni 2024 di Lapangan Cindua Mato, Legaran Svarnadvipa jadi Pertunjukan Pertama Tampil Pascabencana Tanah Datar

Menurutnya, banyaknya perpustakaan tentu membutuhkan SDM pengelola perpustakaan yang berkualitas. Selain menguasai sumber bacaan, pengelola pustaka juga semestinya punya kemampuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan dapat memotivasi pelajar di sekolah untuk selalu dekat dengan pustaka. “Oleh karena itu, kegiatan ini sangat kita butuhkan,” ujar Mahyeldi didampingi Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Jumaidi.

Sementara itu, Pustakawan Ahli Utama Perpusnas RI, Woro Titik Haryanti menyebutkan, kegiatan peningkatan kualitas literasi pendamping pustaka itu memang bertujuan untuk mengembangkan kualitas perpustakaan, serta meningkatkan kecakapan literasi pendamping perpustakaan di sekolah/madrasah.

No More Posts Available.

No more pages to load.