Kenali Lebih Dekat NFT yang Bikin Pemuda Ini Raih Miliaran Rupiah, Berikut Penjelasannya

oleh -
Akun NFT Ghozali Everday di OpenSea. [tangkapan layar]

TEKNO, SuaraRantau.com – Belakangan ini masyarakat dihebohkan dengan seorang pemuda bernama Ghozali yang sukses raih uang miliaran rupiah berkat bisnis Non-Fungible Token (NFT) yang dijalankannya.

Ia yang dikenal dengan nama Ghozali Everyday ini mengunggah foto selfinya sebagai produk NFT di OpenSea. Unggahan foto selfie dirinya itu mendapatkan banyak peminat hingga laku terjual puluhan juta. 

Baca Juga: Simak, Ini Jadwal Pasar Murah Minyak Goreng di Padang

Dilihat dari akun OpenSea milik Ghozali terdapat 933 NFT yang kesemuanya merupakan foto selfie dirinya. Foto selfie dirinya itu dibuat selama kurun waktu lima tahun terakhir dari 2017 hingga 2021 sebagai produk NFT.

Satu foto selfie Ghozali dihargai dengan harga terendah yakni 0,13 Ethereum atau sekitar Rp 6 juta  hingga 0,7 Ethereum yakni sekitar Rp 31 juta.

Baca Juga: Dirut PT KAI: Pengaktifan Jalur Kereta Api Sawahlunto-Muaro Kalaban Segera Dimulai

NFT merupakan semacam token yang dapat ditukarkan yang biasanya ditemukan di blokchain, NFT ini sudah ada sejak tahun 2014 dan peminatnya semakin bertambah pada akhir tahun 2021.

Blokchain sendiri merupakan sebuah teknologi yang digunakan sebagai sistem penyimpanan datang digital yang terhubung melalui kriptografi.

Baca Juga: Sempat Tertunda 2 Tahun, Gedung Peron Kereta Api Bandara di Stasiun Padang Akhirnya Diresmikan

Dikutip dari CNN, NFT ialah aset digital yang berbentuk karya seni maupun barang koleksi yang bisa dipergunakan untuk membeli sesuatu secara virtual. Barang itu dapat berupa foto, gambar, lagu, rekaman suara, video, game dan sebagainya.

Meskipun dapat dipakai namun NFT berbeda dengan kripto, ia sulit untuk diperdagangkan. Dengan keunggulan salah satunya terkait tingkat keasliannya.

Baca Juga: Inilah Aspirasi Warga Rawang saat Reses Wakil Ketua DPRD Padang, Amril Amin

Konsep NFT memungkinkan pembeli memiliki barang asli tanpa ada yang dapat menirunya. Tak hanya itu NFT menyertakan bukti kepemilikan dalam bentuk sertifikasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.