Koperasi Pangan untuk Keamanan Pangan Global

oleh -313 views

Masalah Pangan Global diantaranya adalah kurangnya ketersediaan pangan bagi seluruh penduduk Bumi yang termanifestasikan adanya kasus kelaparan dan gizi buruk di berbagai negara.

Oleh: Virtuous Setyaka

Jumlah total orang yang menderita kekurangan pangan diperkirakan lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Ditambah dengan ledakan jumlah penduduk, dan diiringi dengan produksi pangan yang lebih sedikit dibandingkan dengan peningkatan permintaan.

Dalam produksi pangan, beberapa masalah di antaranya adalah erosi tanah akibat mekanisasi, penggaraman/salinasi air dari irigasi, penumpukan DDT dalam makanan dan air serta kehidupan hewan akibat penggunaan pestisida, dan pencemaran air dari pupuk kimia. DDT adalah singkatan dari diklorodifeniltrikloroetana / dichlorodiphenyltrichloroethane, merupakan senyawa yang digunakan untuk mengendalikan populasi serangga umumnya pada iklim panas.

Produksi pangan dapat ditingkatkan dengan praktik yang lebih ramah lingkungan. Namun produksi bukanlah satu-satunya persoalan besar dalam sistem pangan di dunia. Sebab di dalam sistem pangan global dapat didefinisikan sebagai “produksi, pemrosesan, dan distribusi pangan di seluruh dunia”.

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) menentukan empat dimensi keamanan pangan bagi penduduk dunia sebagai berikut: ketersediaan pangan, akses ekonomi dan fisik terhadap pangan, pemanfaatan pangan untuk mencapai keadaan gizi yang sejahtera, dan kestabilan tiga dimensi tersebut sepanjang waktu atau berkelanjutan.

Dalam catatan Toni O’Boyle (2019), ada lima masalah utama dalam sistem pangan global: peningkatan produksi biofuel, akses pangan terbatas, praktik pertanian yang tidak berkelanjutan, kurangnya hak petani dan pekerja, serta limbah makanan/pangan yang terbuang sia-sia. Lebih dari sepertiga makanan yang diproduksi di seluruh dunia hilang atau terbuang percuma, setara dengan sekitar 1,3 miliar ton per tahun.

Baca Juga: Lahirkan Produk Pangan, Inilah Keamanan yang Mesti Diperhatikan

Masalah utama dengan sistem distribusi pangan saat ini adalah kurangnya pasar pangan, kurangnya transportasi ke pasar pangan, dan ketidakmampuan untuk membayar biaya produksi dan konsumsi pangan. Dalam sistem distribusi pangan saat ini, jumlah pasar pangan dan cara mengakses pasar pangan tersebut tidak memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *