KRI Bontang-907, Kapal Tanker Terbesar Kedua Produksi Nasional

oleh -
KRI Bontang-907 yang bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang, Kamis (14/10)

PADANG, SR–KRI Bontang-907 yang bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur Kota Padang, Kamis (14/10) terlihat begitu besar dan kokoh. Kehadiran kapal ini mendukung program vaksinasi Covid-19 di Kota Padang.

Apa fungsi kapal ini di jajaran kapal tempur milik TNI Angkatan Laut (AL). ? Tidak banyak yang tahu.
Kadispen Lantamal II, Mayor Laut Syahrul menjelaskan, KRI Bontang-907 secara resmi memperkuat jajaran Satuan Kapal Bantu (Satban) Koarmada I yang berjenis kapal jenis Bantu Cair Minyak (BCM).

“Kapal ini hasil karya anak bangsa dan diproduksi PT. Batamec Shipyar, Indonesia. KRI Bontang – 907 dioperasikan untuk mendukung dan memperkuat formasi kapal tempur TNI AL di laut dan merupakan kapal tanker terbesar kedua produksi nasional,” ucapnya.

Baca Juga: Targetkan Capaian Vaksin, Lantamal II Padang Gelar Vaksinasi di Atas Kapal Perang

Secara spesifikasi, Syahrul menjelaskan, KRI Bontang-907 memiliki panjang mencapai 125,5 meter, dan tinggi 30 meter dengan kapasitas minyak 5.500 mᵌ. Untuk kecepatan, KRI Bontang dapat mencapai 18 knots, dan sanggup berlayar selama 30 hari non stop.

“Saat ini KRI Bontang-907 yang bersandar di Pelabuhan Teluk Bayur diawaki sebanyak 98 personil,” ucapnya.

Kehadiran KRI Bontang 907, tentu menambah menambah daftar keluarga kapal tanker uang ada di tubuh TNI AL. Saat ini TNI AL memiliki KRI Tarakan 905, KRI Balikpapan 901, KRI Sambu 902, KRI Arun 903, KRI Sungai Gerong 906, dan KRI Sorong 911.

“KRI Bontang difungsikan untuk membantu kapal-kapal TNI AL yang sedang beroperasi di laut lepas, agar tidak kembali ke pangkalan untuk mengisi bahan bakar dan menyuplai logistik. Selain itu, kapal ini juga di tunjang oleh meriam anti serangan udara dan serangan bawah laut,” tutupnya.(ktk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.