La Nyalla Terpilih jadi Ketua DPD RI 2019-2024

oleh -
 Penyerahan secara simbolik palu sidang dari Pimpinan Sementara Ketua DPD RI, Sabam Sirait dan Jialyka Maharani kepada Pimpinan DPD RI Terpilih, La Nyalla Mahmud Mattalitti. PHOTO: IST
 

JAKARTA, SR–La Nyalla Mahmud Mattalitti akhirnya terpilih menjadi Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI masa bakti 2019-2024. Anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Jawa Timur itu menjadi orang pertama di DPD RI setelah mengantongi 47 suara dari 134 suara sah lewat pemungutan suara (voting) yang digelar di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, dini hari kemarin.

Perolehan 47 suara oleh La Nyala itu mengalahkan tiga calon lainnya, yaitu anggota DPD RI asal Maluku Nono Sampono (40 suara), anggota DPD RI dari Kalimantan Timur Mahyudin (28 suara) dan anggota DPD RI dari Provinsi Bengkulu Sultan Bachtiar Najamudin (18 suara). Sesuai dengan perolehan suara, maka Nono Sampono tetap menjadi wakil ketua 1 DPD RI, Mayudin jadi wakil ketua 2 DPD RI dan Sultan Bachtiar menjabat wakil ketua 3 DPD RI masa bakti 2019-2024.

Setelah voting dan disahkan sidang paripurna, pimpinan DPD RI terpilih langsung ditetapkan dan dilantik oleh Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali. Selanjutnya, penyerahan simbolik palu sidang dari Ketua Sementara DPD RI Sabam Sirait didampingi wakil sementara Jialyka Maharani kepada Ketua DPD RI terpilih La Nyalla. Prosesi itu disaksikan wakil ketua DPD RI terpilih dan Sekjen DPD RI Reydonnyzar Moenek.

“Saya bersyukur pemilihan pimpinan DPD RI selesai dan berjalan demokratis. Mulai sekarang saya siap bekerja sama dengan pimpinan dan seluruh anggota, untuk bersama-sama memperkuat marwah DPD RI. Kita bangun soliditas lembaga dan bersinergi bersama membangun DPD RI yang memperjuangkan aspirasi masyarakat dan daerah,” kata La Nyalla dalam sambutan perdananya sebagai Ketua DPD RI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.