Laboratorium Unand Pecahkan Rekor Nasional, Mampu Uji 8.617 Sampel Swab Sehari

oleh -27 views
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Istri, Nevi Zuairina, Anggota DPD RI, Leonardy Harmainy, Ketua PWI Sumbar, Heranof Firdaus dan Ketua GM Padang Ekspress, Heri Sugiarto, jadi pembicara saat diskusi Bulanan JPS, Jumat (15/1) di Daima Hotel, Padang

PADANG, SR–Tim Laboratorium Diagnostik dan Riset Terpadu Penyakit Infeksi Fakultas Kedokteran Universitas Andalas (Unand) dan Balai Penyidikan dan Pengujian Veteriner Wilayah II Baso, Bukittinggi yang dipimpin oleh Dr. dr. Andani Ekaputra, M.Sc kembali mengukir sejarah.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, tim laboratorium yang dipimpin oleh dr Andani ini telah berhasil memecahkan rekor pengujian mencapai 8.617 sampel swab sehari, pada Kamis (14/1).

“Tim Laboratorium memecahkan rekor pengujian sampel terbanyak se Indonesia, sebanyak 8.617 sampel dalam satu hari. Proses pengujiannya sebanyak 19 kali running. Angkanya jauh tertinggi dibandingkan laboratorium lain yang ada di Indonesia,” ujar Irwan Prayitno, saat Diskusi Bulanan Jaringan Pemred Sumbar (JPS), Jumat (15/1) di Padang.

Irwan Prayitno mengatakan, selama kepemimpinan dirinya sebagai Gubernur Sumbar, penanganan Covid-19 di daerah ini cukup terkendali. Bahkan, sekarang ini telah berlangsung proses belajar mengajar (PBM) tatap muka di sekolah. Penanganan Covid-19 melalui testing, tracing, treatment dan isolasi yang cukup baik ini, bahkan mendapat apresiasi dari Mendagri dan BNPB.

“Testing, tracing, treatment dan isolasi yang kita lakukan cukup bagus. Sekarang hanya 30 persen tempat isolasi dan karantina yang terisi. Rumah sakit masih memenuhi. Tidak over kapasitas. Kesembuhan juga di atas rata rata nasional. Banyak indikator lainnya tentang keberhasilan kita menangani Covid-19,” ungkap Irwan Prayitno.

Baca Juga: Sasaran Vaksin Covid-19 di Sumbar Capai 37 Ribu, Dinkes Butuh 1.717 Tenaga Vaksinator

Irwan Prayitno juga menambahkan, penanganan Covid-19 yang cukup terkendali selama ini, tidak terlepas dari kerja keras berbagai pihak. “Kita semua dan DPRD. Termasuk juga bupati dan wali kota dan media. Ini berkat kerja kita bersama. Banyak yang terlibat,” tambah Irwan Prayitno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *