Lahirkan SDM Unggul di Kota Padang Butuh Inovasi Guru

oleh -
Ribuan guru menjadi peserta Seminar Nasional HUT ke 74 PGRI HGN 2019 di UNP. Foto: IST

PADANG, SR–Memeringati HUT ke 74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan Hari Guru Nasional (HGN) 2019, PGRI Kota Padang menggelar Seminar Nasional, Minggu (24/11) di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP).

Seminar nasional menghadirkan Keynote Speaker, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah dengan narasumber Puskur Kemendikbud, Dr. Zulfikri Anas, MEd, Guru Besar UNP, Prof. Sofiarma Marsidin dan Sekjen DPP Iluni UNP, Yukon Putra, MPd.

Seminar nasional dibuka oleh Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah. Selain seminar, rangkaian kegiatan HUT ke 74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dan HGN 2019 juga ditandai dengan pelaksanaan Upacara Bendera serta Pemberian Piagam Penghargaan kepada 42 Guru Penulis Kota Padang sebanyak 42 Guru, Senin (25/11) di RTH Imam Bonjol Padang.

Tema HGN tahun ini “Peran Strategis Guru dalam Mewujudkan SDM Indonesia Unggul”. Ketua PGRI Kota Padang, Yazirman Murad mengatakan, tujuan dilaksanakan seminar nasional ini untuk meningkat hubungan silaturahim antara guru-guru se Kota Padang dan se-Sumatera Barat. “Peserta seminar ini berjumlah 1700 orang terdiri dari tenaga pendidik di Kota Padang dan di Sumatera Barat,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Barlius mengatakan, guru seumpama peneliti yang bereksperimen menjadikan generasi muda supaya berkiprah bagi bangsa dan negara melalui sumbangsi pemikiran yang dimiliki. Di tangan guru, generasi muda mendapat pendidikan supaya mampu mengisi kemerdekaan Indonesia, menjadi barisan besar dalam gerak kemajuan bangsa dan menjadi pilar-pilar untuk kemajuan bangsa ini.

Wali Kota Padang, Mahyeldi mengatakan, kemuliaan seorang guru atau pendidik terletak pada pendidikan yang diberikan kepada muridnya. Pendidikan yang dimaknai sebagai tugas mengajar, menumbuhkan, memelihara, membekali sekaligus memberikan perlindungan kepada peserta didik (siswa). “Melalui seminar ini, semoga mendapatkan masukan bagaimana pola-pola pendidikan yang harus diterapkan bagi peserta didik sehingga tercipta generasi yang cerdas dan rabbani,” harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.