LASQI Ikut Lomba Tingkat Nasional Ketika Seni Qasidah Mulai Hilang di Sumbar

oleh -
Pengurus DPW LASQI Sumbar yang diketuai oleh H. Ismail Usman menemui Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Selasa (2/11) di Istana Gubernuran.

PADANG, SR–Pengurus Dewan Pimpinan Wilayah Lembaga Seni dan Qasidah Indonesia (DPW LASQI) Sumatera Barat (Sumbar) yang diketuai oleh H. Ismail Usman menemui Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah, Selasa (2/11) di Istana Gubernuran.

Kehadiran Pengurus DPW LASQI Sumbar ini ingin membahas pengiriman kafilah Qasidah untuk mengikuti lomba Qasidah tingkat nasional.

Selain untuk persiapan lomba tingkat nasional, prestasi LASQI Sumbar selama ini di tingkat nasional sangat membanggakan. Diantaranya pernah mendapatkan juara tiga di tingkat nasional.

“Kami optimis tahun ini kembali meraih prestasi yang membanggakan untuk meraih juara umum pada lomba tingkat nasional,” kata Ismail Usman.

Baca Juga: Tiga Pertunjukan Tampil Memukau pada Hari Pertama Kaba Festival 2021

Ismail Usman berharap ada bantuan dari Pemprov Sumbar dalam hal biaya mengikuti perlombaan tersebut, yakni sebanyak 45 peserta. “Harapan kami Gubernur Sumbar, Mahyeldi bisa memberikan suport untuk kontingen kita yang mengikuti perlombaan Qasidah di Jakarta, mulai dari tanggal 3-6 Desember 2021 nanti,” harapnya.

Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi dan mendukung atas upaya LASQI Sumbar dalam meningkatkan dan memberdayakan seni budaya Islam.

Menurutnya, seni budaya tradisional yang berakar pada budaya Islami perlu dibina dan dikembangkan untuk memperkuat kepribadian dan memperkokoh pembangunan karakter bangsa.

Seni Qasidah memiliki sejarah yang panjang di Sumbar. Bersamaan dengan kedatangan agama Islam di Ranah Minang. Seni Qasidah hidup dan berkembang di masyarakat, baik di kalangan pesantren maupun kelompok pengajian dan remaja Islam masjid.

“Saat ini musik Qasidah sudah mulai hilang, untuk itu saya berharap terus seni Qasidah bisa terus dikembangkan,” ucapnya.

Qasidah dalam tradisi musik Islami di dalamnya ada beragam jenis musik Islami lain seperti marawis, marhaban, rudat, hadrah, nasyid, zikir dan shalawat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.