Libatkan 60 Perusahaan, Pemprov Sumbar Gelar Pameran Bursa Kerja

oleh -
 Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sumbar, Wilson

PADANG, SR–Pemprov Sumbar bakal kembali menggelar pameran bursa kerja atau job fair di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sumbar, Jalan Ujung Gurun No 7, Padang. Kegiatan itu akan berlangsung selama dua hari pada 17-18 Juli 2019.

Pameran bursa kerja atau job fair merupakan kegiatan rutin tahunan Disnakertrans Sumbar guna memberi peluang bagi pencari kerja (pencaker) bertemu langsung dengan pemberi kerja. “Apalagi, ada sekitar lebih kurang 60 perusahaan yang akan ambil bagian dalam kegiatan ini. Mungkin akan bertambah, sebab hingga data hari ini sudah ada sekitar 40 perusahaan yang menyatakan keikutsertaannya,” ujar Kepala Bidang Pelatihan dan Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sumbar, Wilson, Jumat (5/7) saat ditemui dikantornya.

Dikatakannya, perusahaan yang akan membuka stand di pameran bursa tenaga kerja ini merupakan perusahaan dari tingkat lokal maupun nasional. “Namun, untuk perusahaan pasti yang diutamakan jumlah yang ikut serta lokal. Tetapi perusahaan lokal ini levelnya sudah setara nasional, perusahaan yang benefitlah,” katanya.

Sambung Wilson, pihaknya menargetkan sekiranya nanti ada sekitar 1.700 lowongan pekerjaan untuk mereka pencaker, dan diharapkan nanti ada yang dapat diterima bekerja dari perusahaan yang membuka lowongan pekerjaanya pada pameran bursa kerja tahun ini.

Untuk pencaker yang ditempatkan pada tahun 2018 lalu, ada sekitar 7.595 pencaker, dengan rincian laki-laki 3.917 pencaker dan perempuan 3.678 pencaker. “Jumlah itu, tidak hanya dari laporan evaluasi pameran bursa kerja saja. Namun, juga dari berapa laporan dari Kabupaten dan Kota, yang kita lakukan pendataannya dengan pengambilan ikhtisar statistiknya,” tuturnya.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada pencaker untuk dapat memanfaatkan pameran bursa kerja dan job fair ini. Apalagi pameran bursa kerja ini merupakan salah satu cara  pemerintah mengurangi jumlah pengangguran di Sumbar. (ari)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.