Luar Biasa, 23 Peserta Masuk Final, Sumbar Berpeluang Juara Umum MTQ Nasional

oleh -36 views
Gubernur Sumbar Irwan Prayitno didampingi Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Hendri dan Pengurus LPTQ Sumbar, S. Budi Syukur mengunjungi sejumlah venue memberikan dukungan kepada kafilah Sumbar yang bertanding di babak final MTQ ke XXVIII tingkat Nasional tahun 2020 di Kota Padang, Kamis (19/11).

PADANG, SR–Kafilah Provinsi Sumbar menempatkan 23 pesertanya bertanding di babak final MTQ ke-XXVIII tingkat Nasional tahun 2020, Kamis (19/11).

Dengan pencapaian ini, Kepala Biro Bina bental dan Kesra Setdaprov Sumbar, Syaifullah mengatakan, Provinsi Sumbar berpeluang meraih juara umum pada MTQ ke XXVIII di Sumbar.

“Alhamdulillah kita bisa menempatkan anak-anak kita pada final sebanyak 23 golongan. Ini adalah pencapaian terbaik kita di MTQ,”sebut Ketua Ketua Kafilah Sumbar, Syaifullah, Kamis (19/11).

Dikatakannya, jika semua peserta Sumbar meraih banyak emas maka peluang juara umum sangat dekat. Peluang itu akan makin dekat jika perolehan medali emas menumpuk pada beberapa daerah.
Selain Provinsi Sumbar yang juga menempatkan pesertanya sebanyak 23 di final ada DKI Jakarta.

Kemudian di posisi ketiga, ada Jawa Barat dengan 15 finalis, Jawa Timur dengan 13 finalis, Kepulauan Riau 8 Finalis, Banten 7 Finalis dan Sumatera Utara 7 finalis.

Kemudian Jawa Tengah (6 finalis), Riau (4 Finalis), Sulawesi Selatan (4 finalis), Nusa Tenggara Barat (4 Finalis), Kalimantan Timur (4 finalis), Papua Barat (3 finalis), Kalimantan Barat (3 finalis), Bangka Belitung (3 finalis), Jambi (2 finalis), Maluku Utara (2 finalis), Papua (2 finalis) dan Lampung (2 finalis).

Sementara, Aceh, Kalimantan Tengah dan Maluku masing-masing satu finalis. Dari jadwal yang tersedia, final akan berakhir pada Kamis (19/11) malam. Sementara hasilnya baru diumumkan Jumat, (20/11) dan juara akan diumumkan pada penutupan di Masjid Raya Sumatera Barat, Sabtu (21/11) malam.

Pada MTQ Nasional 2020 ini, cabang yang diperlombakan, ada 8 cabang yakni seni baca Alquran, qira’atal Quran, hafalan Alquran, tafsir Alquran, fahmil Alquran, seni kaligrafi Alquran, syarhil Alquran, dan cabang karya tulis ilmiah Alquran. Terdiri dari 40 Golongan yang terbagi pada putra dan putri pada masing-masing golongan.

Baca Juga: Disabilitas Hafal 30 Juz Al Quran, Khairul Rizki Berpeluang Sumbangkan Medali untuk Sumbar

Jika Sumbar bisa bisa meraih banyak emas pada final. Maka, posisi Sumbar akan jauh berubah dibanding MTQ Nasional sebelumnya di Medan yang menempati posisi 14. Di Medan, Sumbar hanya memperoleh dua medali, satu emas dari cabang Musabaqah Maqalah Quran (MMQ) atas nama Astuti Mairinda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *