Masih Status Ringan, Sekolah di Sumbar Belum Diliburkan

oleh -
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno rapat dengan Bupati Walikota dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, Senin (16/3) di Istana Gubernur.

PADANG, SR–Terkait munculnya desakan libur sekolah di Provinsi Sumbar, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno menegaskan, dirinya telah menerima surat edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Dalam surat edaran tersebut dijelaskan, ada tingkatan status di satuan pendidikan, dalam menyikapi penanaganan virus corona ini. Yakni, status ringan, sedang dan tinggi.

Kalau yang statusnya ringan, ketika tidak ada yang terduga atau terjangkit corona. Alias masih kosong. “Persiapannya jaga diri dan bersih lingkungan untuk pencegahan. Kalau yang sakit pakai masker, makan yang sehat dan jauhi kerumunan,” terang Irwan Prayitno usai rapat dengan Bupati Walikota dengan Pemerintah Provinsi Sumbar, Senin (16/3) di Istana Gubernur.

Sementara, yang statusnya sedang, kondisinya ada yang terduga dan ada peluang kemungkinan terjangkit corona. Seperti yang demam dengan suhu di atas 38 derajat celcius. Langkah-langkah penanganannya, sifatnya diperiksa dan dicek.

Baca Juga: Gubernur: Sebanyak 10 Pasien Sudah Diisolasi, Belum Ada Positif Corona

Kemudian yang statusnya tinggi, baru yang terjangkit corona. Nah di status tinggi ini, di satuan pendidikan, khususnya di kelas korban yang terjangkit corona tersebut, diliburkan selama 14 hari. Kemudian dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap teman-temannya. Sehingga bisa dipantau di satuan pendidikan tersebut. “Jadi tidak secara umum sekolah dan kotanya diliburkan, tapi perlu kebijakan yang sifatnya proporsional,” tegas Irwan.

Irwan Prayitno memastikan, hingga, Senin (16/3) pukul 14.00 WIB, berdasarkan laporan dari dari rumah sakit (RS) di daerah dan RS rujukan, yakni RSUP M Djamil dan RSUD Achmad Mochtar, belum ada satupun pasien yang positif corona (covid-19) di Sumbar. “Sampai hari ini, 16 Maret saya diwawancarai media saat ini, belum ada satupun yang positif. Namun, saya ingatkan, setiap hari dan waktu akan berbeda apa yang disampaikan nanti,” ujar Irwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.