Masjid Al Ahmad dan Cupak Islamic Boarding School Mulai Dibangun di Kabupaten Solok

oleh -
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat meresmikan Mesjid Al Ahmad dan Peletakan Batu Pertama Gedung A Cupak Islamic Boarding School di Apalamo Nagari Cupak Kabupaten Solok, Jumat (8/10).

SOLOK, SR–Pendirian Masjid Al Ahmad dan Cupak Islamic Boarding School di Nagari Cupak Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok, akan memberikan penguatan falsafah Adat Basandi Syarak-Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK).

“Pembangunan masjid dan lembaga pendidikan yang representatif ini bernilai strategis dan sesuai serta relevan dengan RPJMD Sumbar 2021-2026 yaitu penguatan ABS-SBK,” kata Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat meresmikan Mesjid Al Ahmad dan Peletakan Batu Pertama Gedung A Cupak Islamic Boarding School di Apalamo Nagari Cupak Kabupaten Solok, Jumat (8/10).

Mahyeldi Ansharullah mengatakan Nagari Cupak telah dikenal sebagai nagari yang mengamalkan nilai-nilai keagamaan yang kental. Karena itu pembangunan masjid dan pesantren sangat relevan untuk memberikan penguatan kualitas SDM masyarakat.

Baca Juga: Program Perhutanan Sosial Solusi Atasi Kemiskinan dan Kerusakan Kawasan Hutan di Sumbar

Ke depan ia meminta semua pihak untuk bersama-sama membantu agar masjid dan pesantren tersebut bisa berdiri dengan cepat. Sehingga memberikan manfaat kepada masyarakat. “Donatur, perantau dan pemerintah daerah harus ikut aktif untuk merampungkan pembangunannya,” katanya.

Untuk mendirikan pesantren ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sesuai UU nomor 18 tahun 2019. Syarat itu diantaranya ada kyai, santri, pondok atau asrama, kegiatan pelajaran dan kajian kitap kuning. Syarat itu diharapkan bisa dilengkapi untuk pengajuan permohonan pendirian pesantren.

Bupati Solok yang diwakili Staf Ahli Muliadi Marcos SE. MM mengatakan, pihaknya siap membantu pembangunan masjid dan pesantren itu agar bisa berstandar internasional.

“Kita siap membantu penyiapan administrasi syarat permohonan pendirian pesantren agar tidak menjadi kendala ke depan,” katanya.

Wali Nagari Cupak Fahmi Bahar mengatakan ,rencana pembangunan sebenarnya sudah mulai digagas 2004. Namun baru sekarang bisa dilaksanakan karena ada keluarga yang mewakaqkan tanah pada Nagari. “Kita sangat berterima kasih atas semua bantuan sehingga pembangunan bisa dilakukan,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.