Masyarakat Diminta Waspada, Sumbar Bakal Siaga Darurat Bencana Hingga 31 Desember 2021

oleh -
Banjir di Komplek Perumahan Sparco, Koto Panjang, Kecamatan Koto Tangah. Foto: IST

PADANG, SR–Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) memastikan ruas jalan Solok – Padang sudah bisa dilewati dengan aman pascalongsor yang terjadi Jumat sore (24/9) pukul 17.00 WIB.

“Jalur sudah normal kembali,” ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Provinsi Sumbar, Erman Rahman, melalui pesan singkatnya, Sabtu (25/9).

Sebenarnya jalur sudah bisa dilalui kendaraan sejak Jumat malam. Namun, malam itu masih diberlakukan system buka tutup, karena alat-alat berat masih bekerja membersihkan material longsor.

Baca Juga: Material Longsor Dibersihkan, Jalur Solok-Padang Diberlakukan Buka Tutup

Sebelumnya diketahui, Jumat (24/9) sore, hujan lebat melanda daerah Timur Kota Padang. Terutama daerah Indarung Kota Padang hingga Solok.

Meski di Kota Padang hanya gerimis saja, namun hujan lebih menyebabkan longsor pada sejumlah titik di ruas jalan Padang-Solok. Ruas Jalan Solok – Padang merupakan jalan lintas Sumatera yang selalu ramai dilalui kendaraan yang hendak ke Kota Padang dan sebalik.

Dengan terjadinya longsor tersebut, Erman Rahman mengingatkan masyarakat Sumbar yang tinggal di lokasi rawan bencana, agar selalu meningkatkan kewaspadaan hingga akhir tahun ini. Pasalnya, cuaca ekstrim berupa hujan dengan intensitas yang cukup tinggi diprediksi akan terjadi hingga akhir tahun ini.

Erman Rahman menyebutkan, potensi bencana yang perlu diantisipasi hingga akhir tahun ini berupa banjir, banjir bandang, longsor.

Untuk mengantisipasi dampak bencana hingga penghujung nanti, sekarang sedang disiapkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sumbar tentang Siaga Darurat Bencana sampai 31 Desember 2021.

“Kita sedang menyiapkan SK Gubernur tentang Siaga Darurat Bencana sampai 31 Desember 2021,” terangnya.(imk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.