Mengadu ke Wapres RI, Inilah 5 Pasar Rakyat di Sumbar yang Diusulkan Gubernur untuk Direvitalisasi

oleh -
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bersama Wapres RI, Maa’ruf Amin saat peresmian Pasar Rakyat Kota Pariaman, Selasa (6/4) di Kota Pariaman.

PADANG, SR–Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengapresiasi kehadiran Wakil Presiden (Wapres) RI, Maa’ruf Amin meresmikan Pasar Rakyat Kota Pariaman, Selasa (6/4) di Kota Pariaman.

“Keberadaan Pasar Rakyat ini sebenarnya terus berkembang, sehingga semakin banyak masyarakat yang menggantungkan dan berharap kehidupannya semakin membaik dari keberadaan pasar ini,” ungkapnya di hadapan Wapres RI.

Mahyeldi Ansharullah juga mengungkapkan, saat ini jumlah pasar rakyat di Sumbar sebanyak 516 unit, tersebar di 19 kabupaten/kota. Sebagian besar kondisi pasar rakyat ini (393 unit atau 76,16 persen) rusak. “Baik rusak ringan, rusak sedang maupun rusak berat”, ujarnya.

Selain kondisi yang rusak, pasar rakyat juga ada kondisinya yang belum memadai, karena ketersediaan prasarana belum sebanding dengan jumlah pedagang yang ditampung. Sehingga, pada saat tertentu ketika hari pasar, terjadi over capacity dari prasarana yang tersedia.

Kondisi ini mendorong pedagang memanfaatkan fasilitas apa saja di sekitar pasar. Sehingga menimbulkan permasalahan baru berupa kemacetan. Kondisi ini tentunya merugikan pengguna jalan. Selain itu juga memicu timbulnya ekonomi biaya tinggi dan akan menurunkan daya saing daerah dan kontra produktif dengan upaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

“Di sisi lain, sirkulasi udara, orang dan barang pun belum tersistem dengan baik. Sehingga berdampak kotor, sumpek dan menghasilkan bau kurang sedap serta memberikan ketidaknyamanan kepada konsumen,” ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi Ansharullah juga menyampaikan permohonan perhatian Wapres RI, Maa’ruf Amin terhadap revitalisasi pembangunan lima pasar di Sumbar yang sangat mendesak untuk dibenahi.

Baca Juga: Diresmikan Wapres RI, Pasar Rakyat Pariaman Miliki Nilai Sejarah, Budaya dan Kearifan Lokal

Pertama, Pasar Serikat C Batusangkar di Kabupaten Tanah Datar. Pada rapat kerja dengan Kementerian Perdagangan tahun 2019 di Indonesia Convention Exibilition (ICE) di Bumi Serpong Damai (BSD) Tanggerang Selatan, 12 Maret 2019 lalu, Bupati Tanah Datar mengusulkan pengembangan Pasar Serikat C Batusangkar dengan anggaran Rp50 miliar dan telah disetujui oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *