MK Putuskan PSU, Calon Anggota DPD RI Terpilih Kecewa, Hanya Bisa Pasrah Menerima

oleh -
Anggota DPD RI, Hj Emma Yohanna. Foto: Dokumentasi Emma Yohanna

PADANG, SuaraRantau.Com–Gugatan Pileg DPD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang di ajukan Irman Gusman akhirnya dikabulkan Mahkamah Konstitusi (MK). Putusan MK berujung pemungutan suara ulang (PSU) untuk Pileg khusus Anggota DPD dari Provinsi Sumbar yang mengikutsertakan Irman Gusman.

Dengan putusan PSU oleh MK ini, semua kembali menjadi Calon DPD RI Daerah Pemilihan (Dapil) Sumbar. Peraih suara terbanyak Cerint Iralloza Tasya, Emma Yohana, Muslim M Yatim dan Jelita Donald harus bertarung kembali pada PSU yang meliputi 17 ribu lebih TPS se-Sumbar.

Saat dihubungi awak media, Calon Anggota DPD Sumbar, Cerint Iralloza Tasya mengaku kecewa dan merasa dirugikan atas putusan MK yang mengabulkan gugatan Irman Gusman dengan menggelar PSU.

“Keputusan ini sangat merugikan terhadap empat orang yang sudah terpilih, karena hasil suara yang kita peroleh kemarin dilakukan dan dimenangkan sudah sesuai peraturan UUD,” ujarnya, Selasa, (11/6).

Baca Juga: Kabulkan Gugatan Irman Gusman, MK Putuskan PSU Pileg DPD RI, KPU Sumbar Tunggu Juknis Pusat

Cerint menambahkan, pihaknya juga khawatir jika dilakukan ulang PSU DPD Sumbar tersebut akan berdampak terhadap partisipasi masyarakat pemilih yang kemungkinan akan menurun.”Takutnya adanya penurunan minat partisipasi masyarakat untuk mengunjungi TPS karena di ulangnya PSU DPD Sumbar,” tuturnya.

Meski demikian, gadis cantik peraih suara terbanyak pada Pileg 2024 dengan total suara 489.942 ini tetap menerima apapun keputusan MK dan akan tetap optimis untuk dapat mempertahankan perolehan suara terbanyak.

“Bismillah, kita tetap optimis untuk berjuang mempertahankan suara yang kita dapatkan kemarin dan mempertahankan kepercayaan masyarakat yang mendukung Cerint,” ungkapnya.

Calon Anggota DPD RI Sumbar Emma Yohanna juga merasa dirugikan dengan hasil putusan MK yang mengabulkan gugatan Irman Gusman.

“Sangat merugikan ya, karena kami yang terpilih sudah menjalani semua proses dan perjuangan yang panjang saat pemilihan DPD RI kemarin,” ujar Emma Yohanna.

Emma Yohanna mengatakan, jika adanya pemilihan ulang pihaknya tetap optimis memperoleh suara terbanyak dari masyarakat yang mempercayainya untuk di DPD RI.

No More Posts Available.

No more pages to load.