Over Kapasitas, TPA Regional di Payakumbuh Bakal Diperluas

oleh -
Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Padang Karambia, Kota Payakumbuh. [Diskominfotik Sumbar]

PAYAKUMBUH, SR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah meninjau Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional di Padang Karambia, Kota Payakumbuh, Senin (13/9).

Kunjungan Mahyeldi ini merupakan kelanjutan dari rapat kerja membahas rencana perluasan kawasan TPA yang tengah mengalami masalah over kapasitas sehari sebelumnya.

Baca Juga: Keunikan Kontruksi Bangunan Istana Basa Pagaruyung

Direncanakan TPA akan dibangun sell landfill baru seluas 2,7 hektar. Nanti total keseluruhan areal TPA menjadi 5,3 hektar. Dengan kapasitas luas itu diperkirakan TPA akan mampu memenuhi kebutuhan penamoungan sampah untuk lima hingga tujuh tahun ke depan.

“Kita akan upayakan untuk anggaran perluasan minta juga dukungan dari pemerintah pusat. Karena untuk anggaran perluasan senilai 34 miliar akan digunakan membangun sell landfill dan reservoir,” ujar Mahyeldi.

Selain itu kata Mahyeldi, perluasan TPA juga akan membebaskan 1 hektar lahan bekas longsoran sampah yang telah diganti pada tahun 2017 lalu. Nanti akan dijadikan buffer zone.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (Sumbar) Siti Aisyah menjelaskan situasi TPA yang saat ini menampung hampir dua kali lipat kapasitas idealnya.

“TPA ini sekarang sudah melebihi kapasitas hampir 200 persen, setiap hari kurang lebih ada 91 truk yang masuk membawa 250 ton sampah dari Payakumbuh, Limapuluh Kota, Bukittinggi, dan Agam,” jelasnya.

Ditambahkannya, TPA ini semula hanya beroperasi untuk Kota Payakumbuh sejak tahun 2012, namun sejak 2013 beralih status menjadi TPA regional yang menjadi pembuangan sampah akhir untuk empat Kabupaten dan Kota.

“Diantaranya 49 persen dari Kota Bukittinggi, 34 persen Kota Payakumbuh, 11 persen dari Kabupaten Limapuluh Kota dan 6 persen dari Kabupaten Agam,” pungkasnya. (bob/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.