Pelatihan Pemandu Wisata Budaya, Ini Harapan Sekda untuk Pariwisata Tanah Datar

oleh -
Sekdakab Tanah Datar Iqbal Rama Dipayana berfoto bersama peserta pelatihan pemandu wisata budaya. [humas tanah datar]

TANAHDATAR, SR – Kembangkan pariwisata di Tanah Datar, Pemkab setempat melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Parpora) menggelar pelatihan bagi pemandu wisata budaya.

“Kegiatan pelatihan bagi pemandu wisata budaya di Tanah Datar ini akan kita laksanakan selama dua hari dari tanggal 15 hingga 17 Oktober. Dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang,” ujar Panitia Pelaksana Efrison yang juga Kabid Pariwisata, Jumat (16/10) di Emersia Hotel.

Disebutkannya, tujuan pelatihan bagi pemandu wisata budaya di Tanah Datar untuk meningkatkan sumber daya dan peran serta masyarakat dalam pengembangan dan pengelolaan kepariwisataan di Kabupaten Tanah Datar.

Sementara itu Sekertaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tanah Datar, Iqbal Rama Dipayana berharap, pelatihan bagi pemandu wisata budaya ini hendaknya mampu memberikan penerangan dan petunjuk sekaitan destinasi wisata.

Karena, pemandu wisata budaya merupakan ujung tombak dalam pengembangan pariwisata di daerah.

“Seorang pemandu wisata budaya bisa dibilang sukses, ketika ia membuat perjalanan wisatawan lebih menyenangkan dan membuat pengunjung kembali ingin berwisata,” tukasnya.

Lebih lanjut kata Iqbal meskipun pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan kunjungan wisatawan. Namun ini dapat menjadi langkah bagaimana pemandu wisata budaya dapat berkontribusi mendongkrak kembali kunjungan wisata.

“Ini yang mesti dipikirkan pemandu wisata budaya bagaimana bersama pemerintah mendongkrak pariwisata bersama-sama, apalagi kondisi Tanah Datar sudah masuk level 2, sehingga sudah dapat menggelar berbagai iven tetapi tetap penuhi protokol kesehatan. Untuk itu kita berharap wisata Tanah Datar kembali bergerak,” pungkasnya. [bob]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.