Pemprov Sumbar Datangkan 23,6 Ton Bawang Putih Impor

oleh -
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno bersama Kepala Dinas Pangan Sumbar Efendi, meninjau kebutuhan bawang putih di Toko Tani Indonesia Center (TTIC), Padang, Minggu (16/2).

Dijelaskannya, bawang putih yang didatangkan tersebut berasal dari Tiongkok, namun agar tidak terjadi ketergantungan pada satu negara, maka pemerintah sedang mencari ke negara lain yang dapat mengimpor, yakni India.

Sementara itu Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, penyebab melonjak harga bawang putih di Sumbar saat ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti masalah distribusi, transportasi, atau ada oknum yang menghambat.”Semua itu bisa diatasi salah satunya dengan operasi pasar,” jelas Gubernur.

Jika kebutuhan pasokan sebanyak 23,6 ton tersebut dapat memenuhi kebutuhan selama sebulan, dan harga jauh berbeda dengan harga pasar, maka akan membuat harga akan stabil kembali. Karena mau tidak mau oknum tersebut harus menjual dengan harga yang wajar, kalau tidak bawang-bawangnya akan busuk sendiri.

Ke depan Pemprov Sumbar berencana akan menggalakkan penanaman bawang putih sendiri kepada masyarakat melalui instansi terkait. “Kita akan dorong masyarakat untuk menanam, dan nanti akan dibantu dengan subsidi.” ujarnya.(imk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.