Pemprov Sumbar Dorong OPD Belanja Produksi Karya Siswa SMK

oleh -
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat meninjau produk yang dihasilkan siswa SMK N 8 Padang, Senin (15/11). [ist]

PADANG, SR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) mendorong Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membeli produk hasil produksi siswa di Sekolah Menegah Kejuruan (SMK).

Dorongan ini merupakan bentuk dukungan yerhadap upaya meningkatkan kualitas pendidikan.

“Untuk produk yang dihasilkan siswa SMk ini seperti mobiler atau kerajinan kayu, kerajinan logam, batik hingga busana memiliki kualitas yang cukup bagus. Maka, untuk siswa ini terpacu dari segi kualitas, pemerintah perlu memberikan dukungan nyata, salah satunya dengan berbelanja produk yang dihasilkan SMK,” ujar Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah saat meninjau produk yang dihasilkan siswa SMK N 8 Padang, Senin (15/11).

Baca Juga: Pengabdian Masyarakat UNP Sosialisasi Mitigasi Bencana

Dikatakannya, salah satu kendala OPD tidak bisa berbelanja produk siswa SMK karrna tidak tersedia akses pada aplikasi belanja online yang dikembangkan oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Pemerintah (LKPP) atau biasa disebut E Katalog.

“Kita bakal mengupayakan produk lokal berbasis UMKM atau lembaga pendidikan bisa masuk E Katalog sehingga mendorong penyedia untuk meningkatkan kualitas produknya terus-menerus sesuai permintaan pasar,” bebernya.

Sambung Mahyeldi, agar produk dapat masuk pada E-Katalog, pihaknya meminta Dinas Pendidikan Sumbar untuk membantu menyiapkan outlet untuk pemasaran produk siswa SMK sehingga bisa diakses masyarakat luas.

Sementara itu Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan Sumbar, Raymon mengatakan sekolah terus berupaya melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas lulusannya.

“Untuk SMK yang memproduksi produk tertentu seperti SMK N 8 malah telah berkerjasama dengan situs jual beli online,” pungkasnya. [imk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.