Pemprov Sumbar Komitmen Larang Alfamart dan Indomaret, Audy: Dapat Mematikan Pedagang Tradisional di Daerah

oleh -
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy. [humas]

PADANG, SuaraRantau.com Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) tetap berkomitmen melarang ritel Alfamart dan Indomaret beroperasi di wilayahnya. Langkah tersebut merupakan upaya pemerintah daerah menyelamatkan pedagang lokal.

“Benar, kami tetap tidak memberikan izin kepada kedua mini market waralaba tersebut, dikarenakan keberadaan keduanya dapat mematikan bisnis kecil dan pedagang tradisional di daerah,” ujar Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy saat menghadiri Jumpa Sahabat Hebat SRC di Bali Pustaka BUKITTINGI, Minggu (19/6).

Baca Juga: Pemprov Sumbar Kenalkan Aplikasi KERABAT dan Buku Pedoman Naskah Kerjasama untuk Tingkatkan Kerjasama Antar Daerah

Minimarket waralaba dipercaya oleh pemerintah setempat bisa merusak ekonomi daerah Sumatra Barat dalam jangka panjang. Padahal, Sumbar memiliki potensi yang cukup banyak untuk dikembangkan dan menjadikan sumber pendapatan oleh masyarakat.

“Di Sumbar ada 593.100 UMKM di berbagai daerah. Produk-produk yang dihasilkan para pelaku usaha banyak diminati bahkan di negara lain,” katanya.

Alfamart dan Indomart mampu menyebar ke seluruh daerah sampai ke pedesaan dengan harga barang yang bersaing. Jika hal tersebut terjadi, lanjutnya, keberadaan minimarket modern akan membuat pelanggan tidak mau lagi mengunjungi warung atau toko kelontong, sehingga pedagang tradisional akan terasingkan dan merugi.

Baca Juga: Viral, Opening Ceremony Sepakbola Liga Tarkam Ini Seperti Liga Champions, Lapangan Bikin Warganet Gagal Fokus

SRC yang merupakan salah satu UMKM yang bergerak di pedagang eceran (riteil), membantu konsumen untuk mendapatkan produk-produk yang dibutuhkan sehari-hari.

“Untuk itu, kami dari Pemprov Sumbar secara khusus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada SRC yang telah menjadi perpanjangan tangan produk-produk dari produsen untuk sampai ke tangan konsumen.Serta membantu konsumen untuk mendapatkan barang yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari secara langsung,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.