Penerbangan Internasional Dibuka Kembali di BIM, Tahun 2023, Kedatangan Orang Asing Bakal Meningkat ke Sumbar

oleh -
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy saat rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Padang, Senin (13/6).

PADANG, SuaraRantau.Com–Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sumatera Barat (Kanwil Kemenkumham Provinsi Sumbar) menggelar rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (PORA) di Padang, Senin (13/6).

Rapat koordinasi digelar sehubungan dengan diberlakukannya peraturan pelaku perjalanan luar negeri dan persiapan pembukaan kembali rute penerbangan internasional melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM)

Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy mengatakan, jelang pembukaan kembali rute penerbangan luar negeri, pemerintah harus bersiap sambil terus mengawasi keberadaan orang asing, melalui peningkatan intensitas koordinasi dan soliditas lintas sektor terkait.

“Meski Covid-19 mulai melandai, tapi kewaspadaan tetap harus kita jaga. Apalagi saat ini kedatangan wisatawan asing melalui jalur domestik sudah semakin sering kita jumpai,” katanya.

Baca Juga: Jadi Tuan Rumah Rakernas APEKSI, Pemko Padang Bangun Tugu di Balaikota

Audy menerangkan, menuju Visit Beautiful West Sumatera 2023, ke depan, akan semakin banyak turis asing yang datang ke Sumbar. Terutama setelah rute penerbangan internasional yang dimulai dari rute Kuala Lumpur-Padang disetujui.

“Sebelumnya memang sudah dapat izin, tapi baru untuk haji, untuk selain dari itu pengajuan izin untuk membuka entry point sedang diproses. Kita sudah komunikasikan juga dengan Kemenkomarves, Kemenhub, Kemenkumham, BNN dan kementerian terkait lainnya,” Audy menerangkan.

Berkaitan dengan itu, Kepala Kanwil Kemenkumham Sumbar, R. Andika Dwi Prasetya menyampaikan, pengajuan entry point tersebut saat ini sudah diproses di Dirjen Imigrasi dan sedang dalam pembahasan dengan BNPB.

Sejalan dengan pengajuan yang tengah diproses, ia juga mengatakan jajaran Imigrasi Kanwil Sumbar bersama Tim PORA terus meningkatkan komitmen terhadap pengawasan orang asing.

“Jajaran Imigrasi Kanwil Sumbar terus meningkatkan komitmen UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, dengan prinsip orang asing harus terus berada di bawah pengendalian dan pengawasan melalui kolaborasi dengan sesama pengemban amanat UU tersebut,” kata Andika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

No More Posts Available.

No more pages to load.