Pengabdian Masyarakat UNP Sosialisasi Mitigasi Bencana

oleh -
Penyerahan bibit pohon Bunga Sakura Indonesia (Crape myrtle) untuk di tanam di sepanjang sungai. [ist]

PESSEL, SR – Universitas Negeri Padang (UNP) laksanakan pengabdian masyarakat di Kampung Baru Korong Nan Ampek Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan.

Pengabdian masyarakat ini bertemakan Pendidikan Mitigasi Bencana berbasis Traditional Ecological Knowldege (TEK) dan Social Capital (SC).

“Dipilihnya Nagari Kampung Baru Korong Nan Ampek karena daerah ini beresiko bencana karena secara geografis berada di lokasi titik rawan bencana gempa bumi, banjir dan longsor. Makanya perlu disosialisasikan terkait mitigasi bencana,” ujar Ketua pengabdian masyarakat UNP di Kampung Baru Korong Nan Ampek Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan Dr. Muhyiatul Fadilah, S.Si., M.Pd, kemarin.

Baca Juga: Dharmasraya Kembali Gelar Sumdarsin, Ditinjau Langsung Kapolda Sumbar

Menurutnya, meskipun Nagari ini sangat potensial dalam produksi gambir, namun
berada di aliran sungai batang tarusan, dimana jembatan sungai merupakan pintu keluar masuk pembeli dan penjual gambir. Jika terjadi bencana sangat berisiko.

Karena itu, tim pengabdian masyarakat UNP melakukan edukasi kepada siswa SMP 6 Pesisir Selatan, pemuda serta Kelompok Majlis Ta’lim untuk mengenali tumbuhan lokal yang berpotensial untuk mencegah bencana seperti Pohon Dadap, Rumput Wangi, dan Pohon Johar.

“Dalam pengabdian masyarakat ini, kita melibatkan tim yang pakar di bidangnya seperti, Dr. Delmira Syafrini,S.Sos.M.A., Khairul Fahmi, S.Sos. M.Si. Eka Asih Febriani, M.Pd. dan Siska Alicia Farma, M.Biomed,” bebernya.

Muhyiatul Fadilah menambahkan penyuluhan yang diberikan untuk mengaktifkan peran organisasi pemuda agar siaga bencana. Selain itu, juga dilakukan edukasi sekaligus keterampilan memanajemen sampah rumah tangga agar tidak dibuang ke sungai, melainkan mengolahnya menjadi cairan serba guna Ecoenzyme.

“Pengabdian masyarakat di Kampung Baru Korong Nan Ampek Kecamatan Koto XI Tarusan Pesisir Selatan sudah tiga kali kita laksanakan. Masyarakat sangar mengapresiasikan sekali,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.