Peringati Hari Menanam Pohon, PLN Sumbar Tanam 2000 Bibit Pohon

oleh -
PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penanaman pohon dalam rangka peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI). [humas]

PADANG, SuaraRantau.com- PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Barat (Sumbar) tanam 2000 bibit pohon cemara laut di Pantai Ma’aruf Amin, Desa Taluk Kecamatan Pariaman.

Penanaman pohon ini dalam rangka peringati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh setiap tanggal 28 November.

Penanaman pohon ini juga merupakan program BUMN hijaukan Indonesia, yakni program serentak Kementerian BUMN.

Baca Juga: Ketua KI Jabar: Keterbukaan Informasi Agar Tidak Salah Sangka Rakyat Terhadap Pemerintah

Tak hanya penamanam 2000 bibit pohon di lokasi tersebut, namun PLN UIW Sumbar telah dahulu melakukan di halaman kantor yakni gerakan tanam pohon dan biopori yang dilakukan GM PLN UIW Sumbar Toni Wahyu Wibowo dan jajaran Senior Manager, serta Tim K3L yang disaksikan oleh pegawai PLN UIW Sumbar, Selasa (30/11).

“Selama tahun 2021 ini telah ada lebih kurang 150 titik biopori yang terpasang dan tersebera di kawasan kantor induk PLN UIW Sumbar, PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Padang, PLN UP3 Solok, PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Sicincin, ULP Tabing, ULP Painan, dan ULP Sitiung,” ujar Pejabat Pengendali K3L PLN UIW Sumbar, Misran Hasra.

Dijelaskannya, proses pembuatan biopori terbilang cukup mudah, hanya perlu menyediakan pipa paralon dengan diameter 10-30 cm panjang 50 cm dan lubang untuk menanam dengan kedalaman 1 meter yang kemudian pipa paralon tersebut ditanam pada lubang yang telah digali.

Baca Juga: Ini Manfaat Pohon Taxus yang Ditanam Gubernur Sumbar di Nagari Pandai Sikek bagi Kesehatan

“Sama denga menanam pohon, penyediaan daerah resapan air melalui biopori ini dapat menjadi salah satu upaya menjaga kelestarian lingkungan, serta tepat guna mengatasi banjir akibat daerah resapan air yang kian sedikit,” ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.