Personel BPBD se-Sumbar Dilatih Mengelola Gudang Logistik

oleh -
Plt Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Harmensyah saat memberikan pembekalan manajemen pergudangan kepada personel BPBD se-Sumbar, Selasa (23/11)

PADANG, SR–Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) se-Sumatera Barat (Sumbar) mengikuti Pembekalan Manajemen Pergudangan, Selasa (23/11).

Pembekalan ini bertujuan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) di jajaran BPBD. Baik dalam penanggulangan bencana, pencatatan, penataan, distribusi logistik, dan pengelolaan gudang.

“Jadi ini harus kita siapkan, tidak boleh lalai. Manajemen pengelolaan gudang harus lebih baik,” kata Plt Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB, Harmensyah.

Harmensyah meminta perencanaan gudang logistik BPBD harus terencana dengan baik. Mulai dari manajemen, pengadaan barang, distribusi, serta penghapusan barang mesti tercatat rapi.

Baca Juga: Aksi Premanisme Marak di Balai Kementerian di Sumbar, Gubernur Minta Turunkan Intelijen

Apalagi, kata Harmensyah, potensi bencana di Provinsi Sumbar sangat tinggi. Maka sangat diperlukan kebutuhan logistik yang cepat, tepat, dan cukup ketika terjadi situasi darurat bencana.

“Jadi pencatatannya harus jelas. Barang di gudang jangan kadaluarsa, kalau terjadi bencana segera disalurkan, jangan sampai menahan atau menunda-nunda distribusi,” ujarnya.

Menurutnya, personel BPBD yang tangguh bukan hanya dari persiapan fisik. Namun juga tangguh dari logistik, peralatan, dan kebutuhan dasar, seperti pakaian, lauk-pauk, pangan, dan lainnya.

“Stok minimum di daerah harus selalu ada, jadi bila diperlukan bisa cepat disalurkan, dan peralatan harus berfungsi dengan baik,” jelas Harmensyah.

Selain itu, untuk mengetahui “kekuatan” logistik, BPBD di daerah harus mampu bersinergi dengan semua pihak. Mulai dari PMI, Basarnas, Dinsos, Bulog, TNI, Polri, dan institusi lainnya.

“Sebab daerah kita ini tinggi potensi bencana, dan menanggulangi bencana tidak bisa sendiri, mesti kolaborasi dengan banyak pihak,” tambahnya.

Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB, Nadhira Seha Nur mengatakan, pembekalan ini untuk kapasitas dan kualitas SDM di daerah dalam mengelola gudang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.