Pesantren di Kabupaten Sijunjung Mampu Mengelola Pertashop

oleh -
Wagub Sumbar, Audy Joinaldy meresmikan pembukaan Pertashop di Nagari Palangki, Kabupaten Sijunjung, Kamis (22/7).

SIJUNJUNG, SR–Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Audy Joinaldy mengapresiasi dibukanya pertashop sebagai salah satu unit usaha pesantren dalam upaya pengembangan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) di Kabupaten Sijunjung.

“Unit usaha seperti Pertashop ini bisa menjadi salah satu penunjang pengembangan pesantren dan MES di daerah. Jika memungkinkan harus ditambah usaha-usaha baru seperti di bidang pertanian atau peternakan,” kata Audy Joinaldy, saat meresmikan pembukaan Pertashop di Nagari Palangki, Kabupaten Sijunjung, Kamis (22/7).

Baca Juga: Datang ke Jorong Lima Partamuan Kabupaten Pasaman, Gubernur Tantang Pemuda Lakukan Hal Ini

Ia mengatakan saat ini PT. Pertamina memang sedang membangun pertashop untuk mempermudah masyarakat mendapatkan bahan bakar minyak. Sehingga, bisa memacu pergerakan ekonomi di berbagai bidang termasuk pertanian.

Menurutnya, kehadiran pertashop akan menciptakan pusat keramaian baru. Titik ekonomi baru yang juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha sampingan. “Namun perlu sosialisasi kepada masyarakat bahwa pertashop fungsinya sama seperti SPBU untuk mengisi bahan bakar,” katanya.

Ia mengatakan pertashop adalah bukti nyata pemerintah hadir untuk menciptakan percepatan pergerakan ekonomi di daerah. Termasuk di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu Pengelola Pertashop, Hidayatullah mengatakan, pertashop yang didirikan idenya memang untuk menopang pesantren. Program pertashop itu bekerjasama dengan MES Sijunjung dan beberapa pihak yang punya perhatian terhadap pesantren. “Program ini kita sandingkan dengan program membantu masyarakat,” katanya.

Turut hadir dalam kegiatan itu Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah, Ketua Panitia Gran Opening Pertashop Hidayatullah, Kepala Dinas PMD Provinsi Sumbar, Safrizal Ucok, Kepala Dinas DPMPTSP Provinsi Sumbar Maswar Dedi.

Juga hadir, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Novrial, Kepala Balitbang Sumbar Reti Wafda, dan Kabid produksi dan teknologi Prov Sumbar, serta perwakilan OPD di lingkup Pemprov Sumbar lainnya.(imk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.