Polisi Tetapkan 257 Tersangka Kerusuhan 22 Mei

oleh -


Jakarta, SR.com – Polisi menetapkan tersangka kerusuhan 22 Mei 2019. Ada 257 pelaku kerusuhan yang ditetapkan menjadi tersangka.

“Total ada 257 tersangka,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono dalam jumpa pers di Mapolda Metro Jaya, Jl. Sudirman, Jakarta, Rabu (22/5).

Ratusan tersangka itu ditangkap polisi di sejumlah titik kerusuhan, di antaranya dari pelaku kerusuhan di depan Bawaslu, asrama polisi, dan Petamburan.

Orang-orang yang diamankan itu diduga sebagai provokator di aksi-aksi demo di wilayah DKI Jakarta sejak Selasa (21/5) lalu. Saat ini, mereka diperiksa di gedung Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.
“Ada yang pembakaran asrama, ada yang melawan petugas,” kata Argo.

Pantauan detikcom, barang bukti tersebut di antaranya ada 2 molotov yang terbuat dari botol yang diisi bensin, batu-batu hingga be berapa senjata tajam. Selain itu, polisi juga menyita petasan, anak panah dan odol.

Tampak juga beberapa amplop putih diduga berisi uang. Pada plastik barang bukti amplop itu dilabeli tulisan ‘Milik Jamaludin Santri Attaqwa Cianjur’.

Polisi juga mengamankan dompet dan sejumlah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Ada juga sejumlah uang pecahan Rp50 ribu. Pada plastik barang bukti uang dilabeli ‘Milik Ustad Umar Burhanudi (Pemilik Pesantren Attaqwa Cianjur)’. 

Mereka yang ditangkap tersebut disangkakan melanggar pasal tentang kekerasan hingga pembakaran. “Dikenakan Pasal 170 KUHP, 212 KUHP, 214 KUHP, 218 KUHP, dan untuk di Petamburan 187 KUHP tentang pembakaran,” kataArgo Yuwono lagi.

Argo menyebut 257 tersangka itu berasal dari 3 tempat kejadian perkara yaitu Bawaslu, Petamburan, dan Gambir. Dari Bawaslu ada 72 tersangka, lalu 156 tersangka dari Petamburan, dan sisanya 29 tersangka dari kerusuhan di Gambir.

Jeratan pasal yang dikenakan pada 257 tersangka itu memiliki ancaman hukuman bervariasi.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.