Potensi Pertanian di Pessel, Bupati Ajak Petani Manfaatkan Lahan Terlantar Ditanami Jagung

oleh -
Bupati Pessel, Rusma Yul Anwar. [humas pessel]

PESISIRSELATAN, SR – Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar mengajak petani memanfaatkan lahan terlantar untuk menanami jagung.

“Lahan yang terlantar ini mesti dimanfaatkan sehingga jadi produktif dan tentunya menambah penghasilan bagi petani,” ujarnya, menghadiri demonstrasi benih unggul jagung hibrida dan bimtek pembuatan pupuk organik di Kubang, Kecamatan Bayang, Jumat (1/10).

Dikatakannya, Pemkab Pessel saat ini tengah fokus peningkatan ekonomi kerakyatan, salah satunya pengembangan sektor pertanian tanaman pangan.

Baca Juga: Tebar Bau Busuk, Pantai Muaro Lasak Padang Dipenuhi Tumpukan Sampah

“Kita memiliki potensi pertanian yang cukup besar dan menjadi basis ekonomi masyarakat. Salah satu komoditi unggulan adalah jagung,” katanya.

Lebih lanjut tambahnya, berdasarkan data Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan terdapat 4000 Ha lebih lahan terlantar yang dapat ditanami jagung.

“Untuk itu kita minta demonstrasi benih unggul jagung hibrida dan bimtek pembuatan pupuk organik di Kubang dapat mmeberikan pemahaman dan edukasi untuk peningkatan ekonomi petani,” harapnya.

Sementara itu Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Pesisir Selatan, Nuzirwan menjelaskan, Kabupaten Pesisir Selatan sangat potensial dalam pengembangan tanaman jagung dan berpeluang menjadi sentra jagung di Sumbar.

“Untuk antusias petani dalam pengembanga tanaman jagung sangat tinggi. Oleh karena itu kita akan melakukan pembinaan pada petani dalam mengembangkan usaha tanaman jagung,” tuturnya.

Kepala Pusat Perlindungan Varitas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian Erizal Jamal mengemukakan acara lapangan petani demontrasi benih unggul jagung hibrida, bertujuan mengenalkan petani dan lahan pertaniannya.

“Selama satu hari ini kami bersama tim petani melakukan beberapa kegiatan guna mendapatkan informasi kebutuhan mereka,” pungkasnya. [imk]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.